Ternyata Ini 7 Penyebab Bau Kepala

Ilustrasi bau rambut kepala
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Selain ada bau kaki dan bau ketiak, ternyata kulit kepala dan rambut kita juga bisa mengeluarkan bau jika tidak diperhatikan. Apa penyebab bau kepala dan rambut? Hal yang paling umum terjadi biasanya karena minyak dan keringat berlebih pada kulit kepala. 

Tips dan Trik Mulung Koin di Tiktok, Dijamin Auto Sultan

Namun, masih banyak lagi penyebab bau kepala yang mungkin tidak kamu sadari sebelumnya. Apa saja itu? Melansir dari Healthline, berikut ini penyebab bau kepala yang cukup mengganggu.

1. Minyak Berlebih di Kulit Kepala

Berapa sih Nilai 1 Koin? Ini Tips Kaya Mulung Uang di Tiktok Sambil Ngabuburit

Kulit kepala memiliki kelenjar yang menghasilkan minyak alami atau sebum. Gangguan pada kulit kepala biasanya disebut dermatitis seboroik yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari minyak alami pada kulit. Ini menyebabkan bercak kering, kekuningan, bersisik di kulit kepala dan bisa juga menyebabkannya berbau. Kulit kepala berminyak juga menyebabkan rambut menjadi lepek. 

2. Keringat Berlebihan

FYP! Cara Mulung Koin di TikTok, Dapatkan Ratusan Ribu per Hari Sambil Tiduran

Penyebab bau kepala selanjutnya adalah keringat berlebih pada kulit kepala. Jika kamu suka berolahraga dan melewatkan mandi setelahnya, bahkan setelah berkeringat, kulit kepala kamu mungkin bisa bau, kenapa?

Ketika penumpukan keringat bercampur dengan bakteri di kulit kepala, kamu mungkin mulai merasakan bau yang tidak sedap. Keringat berlebihan, juga dikenal sebagai hiperhidrosis dan dapat memperburuk keadaan kulit kepala.

Halaman Selanjutnya
img_title