Mengenal Usus Buntu, Berikut Penyebabnya

Ilustrasi usus buntu
Sumber :
  • wikimedia

BANDUNG – Penyakit usus buntu merupakan peradangan pada usus buntu atau apendiks, yakni organ berbentuk kantong berukuran 5-10 cm yang terhubung ke usus besar. Kondisi tersebut biasanya ditandain dengan nyeri di perut bagian kanan bawah. 

Biasanya usus buntu dialami pada kelompok usia 10-30 tahun. Namun, usus buntu juga dapat dialami oleh anak-anak. Jika usus buntu dibiarkan, penyakit ini akan menjadi serius dan menyebabkan usus buntu pecah.

Pengertian usus Buntu

Radang usus buntu terjadi ketika usus buntu meradang dan yang diperkirakan adanya penyumbatan. Peradangan usus buntu ini bisa akut atau kronis.

Di Amerika Serikat, radang usus buntu adalah umum terjadi, penyebab sakit perut yang mengakibatkan pembedahan. Melansir dari Healthline pada 18 November 2022, 9 persen orang Amerika mengalaminya.

Apendiks adalah kantong kecil yang melekat pada usus terletak di perut kanan bagian bawah. Ketika usus buntu tersumbat, bakteri dapat berkembang biak di dalamnya. Ini dapat menyebabkan pembentukan nanah dan pembengkakan, yang dapat menyebabkan tekanan yang menyakitkan di perut kamu. Radang usus buntu juga dapat menyumbat aliran darah.

Jika tidak diobati, radang usus buntu dapat menyebabkan usus buntu pecah. Ini dapat menyebabkan bakteri tumpah ke rongga perut, yang bisa serius dan terkadang fatal.