9 Cara Merawat Kebersihan Organ Intim Wanita Menurut Pandangan Islam

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Pixabay

BandungKebersihan menjadi hal yang utama dan perlu diperhatikan, khususnya bagi perempuan yang harus merawat organ kewanitaannya. 

Muslimah yang menjaga organ yang sudah diberikan Allah kepada manusia sudah sepatutnya sebagai bentuk syukur atas kenikmatan dari-Nya dengan cara merawatnya sesuai dengan ilmu yang benar. 

Menurut informasi yang dihimpun VIVA Bandung, berikut ini tips untuk merawat organ kewanitaan yang bisa diterapkan bagi Muslimah untuk menjaga kebersihan di bagian organ kewanitaannya menurut pandangan Islam.

1. Membersihkan Vagina (liang kemaluan

Tentunya, dengan cara membasuh bagian antara vulva (bibir kemaluan) dengan berhati-hati, kemudan basuh menggunakan air yang bersih dengan sabun yang lembut dan pastikan sabun yang sesuai dengan kulit organ kewanitaan. Hal ini dilakukan setiap buang air kecil, buang air besar, dan saat mandi. 

Jika memang memiliki kulit yang sensitif atau alergi, basuh dengan sabun yang lembut dan dengan air hangat. Tentunya, bertujuan untuk membersihkan bekas keringat dan bakteri yang ada disekitar vulva di luar vagina. 

Tips memilih sabun untuk organ kewanitaan, pilih yang tidak menyebabkan perubahan antara kesamaan dan keseimbangan bakteri dalam vagina. Gunakan sabun bayi karena memiliki pH yang normal. Penggunaannya pun dibasuh dari bagian luar dan bukan dimasukan atau disemprotkan ke dalam vagina.