Xiaomi Kuasai Pasar Gadget IoT dari Smartwatch hingga Pendingin Ruangan
- mi.co.id
Bandung, VIVA – Xiaomi semakin memperkuat dominasinya di ekosistem perangkat Internet of Things (IoT). Perusahaan asal Tiongkok ini mencatatkan kinerja yang impresif di berbagai segmen produk IoT mulai dari wearable device hingga peralatan rumah tangga pintar. Pendapatan dari bisnis produk IoT dan gaya hidup Xiaomi melonjak 20,3% menjadi 26,8 miliar RMB pada kuartal kedua 2024.
Salah satu produk IoT andalan Xiaomi adalah perangkat wearable. Data dari lembaga riset Canalys menunjukkan pengiriman perangkat wearable Xiaomi berhasil menduduki peringkat 3 secara global dan peringkat 2 di pasar Tiongkok. Sementara untuk kategori earbud true wireless stereo (TWS) Xiaomi bahkan menjadi market leader di Tiongkok dan peringkat 3 secara global.
Xiaomi juga mencatatkan pertumbuhan signifikan di segmen tablet. Pengiriman tablet Xiaomi pada Q2 2024 meningkat dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Capaian ini menjadikan Xiaomi sebagai brand tablet dengan pertumbuhan tercepat di antara lima merek teratas global. Kesuksesan di pasar tablet semakin membuktikan diversifikasi lini produk Xiaomi yang semakin luas.