Tanda Hewan Kurban Sehat, Ada Berkeping Kuning di Telinganya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Sumber :
  • Dok. Pemprov Jabar

Bandung – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengimbau masyarakat yang ingin berkurban pada Hari Idul Adha 1443 H agar membeli hewan kurban yang sudah dipastikan sehat, yakni bersertifikat dan ada tanda keping kuning pada telinganya.

Hal tersebut Ridwan Kamil sampaikan usai rapat Koordinasi Persiapan Menghadapi Idul Adha 1443 Hijriah di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat di Kota Bandung, Rabu, 8 Juni 2022 kemarin.

Dijelaskan Ridwan Kamil, hewan kurban dengan tanda keping kuning pada telinganya sudah dipastikan sehat dan layak dijadikan hewan kurban.

"Kepada konsumen atau warga Jawa Barat yang akan membeli dan memotong hewan kurban. Pastikan yang dibeli itu sama, ada sertifikat sehat dan di kupingnya ada keping warna kuning," jelasnya dikutip dari Antara, Kamis, 9 Juni 2022.

Selain pembeli, para peternak hewan kurban dan pedagang pun harus memastikan hewan yang dijualnya sehat dan bersertifikat, lalu ada keping kuning penanda kesehatan dan kelayakan hewan kurban.

"Kepada penjual ternak juga harus memastikan bahwa hewan kurban yang dijualnya sehat. Itu bisa ke dinas peternakan masing-masing di kabupaten/kota untuk mendapatkan keping tanda sehat," pungkasnya.