Kemenag Buka 418 Formasi CPNS Khusus Disabilitas

Tes CPNS Kemenag
Sumber :
  • Pinterest

VIVABandung – Kementerian Agama (Kemenag) membuka peluang besar bagi penyandang disabilitas dalam seleksi CPNS 2024. Sebanyak 418 formasi khusus disediakan untuk mewujudkan Kemenag yang ramah disabilitas. 

Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag Wawan Djunedi menjelaskan persyaratan untuk formasi penyandang disabilitas. Pelamar harus menyertakan surat keterangan dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah atau Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya. Selain itu pelamar juga diminta menyertakan video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar.

Pendaftaran seleksi CPNS Kementerian Agama dibuka mulai 1 hingga 14 September 2024. Bagi penyandang disabilitas yang berminat dapat mendaftar secara online dengan membuat akun melalui laman https://sscasn.bkn.go.id.

Selain membuka formasi untuk penyandang disabilitas Kemenag juga menyediakan formasi khusus lainnya. Terdapat 5.915 formasi untuk lulusan Ma'had Aly 559 formasi untuk putra dan putri Papua 1.040 formasi bagi putra dan putri Kalimantan serta 138 formasi bagi lulusan terbaik atau cumlaude.

Usia pelamar seleksi CPNS Kemenag paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar. Khusus untuk formasi Dosen dengan kualifikasi pendidikan Strata Tiga (S-3/Doktor) usia paling tinggi 40 tahun pada saat melamar.

Dengan dibukanya formasi khusus ini Kemenag berharap dapat menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan memberikan kesempatan yang sama bagi semua kalangan. Bagi penyandang disabilitas jangan ragu untuk mengambil kesempatan ini dan tunjukkan potensi terbaik Anda dalam seleksi CPNS Kemenag 2024!