Pos Indonesia Perkuat Transformasi Digital 

Expo DTI Pos Indonesia
Sumber :
  • istimewa

BANDUNG - PT Pos Indonesia (Persero) kembali menancapkan pengaruhnya sebagai BUMN yang terdepan dalam bertransformasi digital pada berbagai layanannya. Perusahaan berbasis kurir dan logistik ini telah menjadikan digitalisasi sebagai pendorong bisnis dan layanan bagi masyarakat Indonesia. 

Sebagai BUMN yang berkomitmen melakukan transformasi digital, Pos Indonesia ikut serta pada ajang Digital Transformation Indonesia Conference and Expo (DTI-CX) di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC). Expo tersebut digelar selama dua hari pada Kamis dan Jumat, 3 hingga 4 Agustus 2022. 

Pos Indonesia ambil bagian dengan memperkenalkan platform digital courier PosAja serta layanan financial services PosPay. Dua layanan ini merupakan perwujudan atas transformasi digital Pos Indonesia yang selama ini telah dan terus dibangun untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia. 

Digital Transformation Indonesia Conference and Expo (DTI-CX) yang digelar Digital Transformation Indonesia (DTI) ini, merupakan ajang yang mempertemukan korporasi, BUMN, dan pemerintah. Ajang ini cukup bergengsi dalam rangka pengembangan transformasi digital masa depan untuk mentransformasikan manusia, bisnis, dan data.

Pada expo ini, ditargetkan hadir sekitar 3.000 profesional dari berbagai industri terkait dan lebih dari 50 perusahaan teknologi terkemuka dari dalam negeri dan Internasional. Pertemuan ini diharapkan menjadi momen meningkatkan konektivitas bisnis, bertukar ilmu pengetahuan, serta pengaruh perusahaan atas komitmennya melakukan transformasi digital. 

Expo DTI Pos Indonesia

Photo :
  • istimewa

Sebagaimana direlease DTI, saat ini hanya 43 persen perusahaan di Indonesia yang  menerapkan atau memperluas transformasi digital. Sementara, 34 persen masih dan sedang melakukan transformasi atau berencana untuk memulai transformasi mereka. 

Diketahui, sejak beberapa tahun terakhir Pos Indonesia telah melakukan transformasi bisnis pada layanan kurir, logistik, serta financial services. Transformasi bisnis Pos Indonesia telah menghasilkan produk inovatif, yaitu  PosAja serta PosPay. Dua layanan ini menjadi andalan Pos Indonesia menjawab kebutuhan zaman yang serba digital. 

PosAja adalah layanan kiriman barang berbasis aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone. Layanan ini menghadirkan banyak pilihan kiriman mulai dari regular, next day, hingga sameday services. Juga ada layanan O-Ranger untuk pick-up barang tanpa harus datang ke loket atau gerai. 

Sedangkan PosPay adalah aplikasi digital yang memudahkan masyarakat melakukan berbagai transaksi dan pembayaran seperti tagihan listrik, PDAM, isi ulang pulsa, QRIS, dan lainnya. Aplikasi ini juga bisa menerima dan men-transfer uang ke berbagai bank.

Dalam kesempatan berbeda, Direktur Bisnis Kurir & Logistik PT Pos Indonesia Siti Choiriana mengatakan, saat ini Pos Indonesia telah hadir dengan pelayanan berbeda. Pos Indonesia telah berhasil memulai transformasi digital dengan kehadiran PosAja dan PosPay. 

“PosAja saat ini telah dilengkapi berbagai fasilitas tambahan yang semakin memudahkan customer melakukan pengiriman barang cukup dari rumah dengan garansi pelayanan. Begitupun PosPay, hadir untuk memudahkan masyarakat melakukan berbagai transaksi keuangan," katanya. (bdg)