53 RT di Jakarta Terendam Banjir Akibat Kali Ciliwung Meluap

Banjir Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Bandung – Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta mencatat sebanyak 53 Rukun Tetangga mengalami banjir akibat meluapnya Kali Ciliwung.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 33 RT, saat ini menjadi 53 RT atau 0,174 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala BPBD, Isnawa Adji, dalam keterangannya, Senin, 10 Oktober 2022.

BPBD mencatat hingga pukul 06.00 WIB ketinggian banjir paling tinggi terjadi di sejumlah RT di Kelurahan Pejaten Timur, Jakarta Selatan, dengan ketinggian mencapai 60 sentimeter hingga 3 meter.

Banjir Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.

Selain itu, tiga RT di kelurahan Rawajati, terdampak banjir dengan ketinggian 70 cm hingga 1 meter. Selanjutnya, 2 RT di kelurahan Kebon Baru ketinggian air mencapai 70 sentimeter.

Isnawa menyebutkan bahwa pihaknya telah mengerahkan personel terkait untuk melakukan penyedotan banjir agar genangan air bisa surut.

"BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah, dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan bersama dengan para lurah dan camat setempat. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," katanya.