Rahasia Kecepatan Internet Starlink yang Bikin Melongo

Satelit Starlink
Sumber :
  • starlink.com

VIVABandung – Starlink adalah layanan internet satelit milik SpaceX, terus bernovasi di dunia teknologi dengan kecepatannya yang luar biasa. 

4 AI Penghapus Objek Mengganggu Foto Anda

Waktu yang dibutuhkan data untuk berpindah dari satu titik ke titik lain, menjadi fokus utama tim Starlink. Mereka bekerja keras untuk meminimalkan latensi agar pengguna dapat menikmati pengalaman internet yang mulus.

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi latensi adalah propagasi kecepatan cahaya dari pengguna ke satelit dan kembali ke bumi.

Solusi WhatsApp Gagal Kirim Foto

Proses ini biasanya memakan waktu kurang dari 10 milidetik untuk perjalanan pulang-pergi. Namun jika trafik harus melalui tautan laser, waktu yang dibutuhkan bisa lebih lama.

Starlink juga memperhatikan latensi di darat, yang dipengaruhi oleh tata letak jaringan dari gateway ke titik koneksi internet. Untuk mengoptimalkan hal ini, mereka berencana menambah enam lokasi koneksi internet di AS pada tahun 2024.

Adobe Illustrator Alat Terbaik Desain Vektor

Faktor lain yang mempengaruhi latensi adalah penjadwalan fronthaul, yaitu tautan radio antara satelit dan pengguna. Tim Starlink telah fokus mengoptimalkan aspek ini dalam beberapa bulan terakhir.

Halaman Selanjutnya
img_title