Jennifer Dunn Selfie di Toilet Pesawat, Apakah Aman untuk Penerbangan?

Jennifer Dunn
Sumber :

Viva Bandung – Belum lama ini, Jennifer Dunn mengunggah foto ketika menjadi penumpang di maskapai penerbangan Cathay Pasific.

Masih Jadi Misteri, Kotak Hitam Pesawat Smart Aviation yang Jatuh di Kalimantan Belum Ditemukan

Unggahannya menunjukkan wanita yang kerap disapa Jeje ini sedang melakukan selfie di dalam toilet pesawat. Istri dari Faisal Haris itu berfoto sampai tiga kali yang dijadikan kolase.

Pada dasarnya, di dalam pesawat ada aturan yang melarang penumpang menghidupkan ponsel. Pramugari biasanya akan memberikan instruksi kepada penumpang untuk mematikan ponsel. Hal ini dilakukan karena ponsel yang aktif bisa mengganggu sistem komunikasi dan navigasi pesawat. Terutama ketika pesawat sedang take-off dan landing.

Pilot Pesawat Smart Aviation Diketemukan Selamat, Evakuasi Intens Dilakukan

Ketika pesawat sudah berada di udara dengan stabil, ponsel boleh dinyalakan, namun layanan data harus dimatikan. Ponsel juga harus dalam mode pesawat.

Meksipun demikian, sekarang sudah ada beberapa maskapai penerbangan yang menyediakan layanan konektivitas dalam penerbangannya (in-flight conneectivity). Ini membuat penumpang dapat terhubung selama perjalanan pesawat. Namun layanan ini hanya ada pada fase tertentu, misalnya ketika penerbangan mencapai ketinggian tertentu dan lampu tanda pemakaian sabuk pengaman sudah padam.

Pilot Pesawat Kargo Smart Aviation Ditemukan Selamat, Begini Kondisinya

Untuk keamanan dan keselamatan dalam perjalanan, sebaiknya ponsel tidak diaktifkan dalam pesawat.