Profil Panji Gumilang, Pendiri Pondok Pesantren Al Zaytun yang Sering Tuai Kontroversi

Panji Gumilang
Sumber :

Viva Bandung – Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Syekh Panji Gumilang adalah seorang pimpinan dan pendiri pondok pesantren Al-Zaytun. Belakangan, pondok pesantren tersebut menjadi sorotan publik karena banyak kontroversi.

Mengenal Bernardus Prasodjo, Sosok di Balik Gambar Legendaris Kaleng Khong Guan

Sosok Panji Gumilang pun menjadi perbincangan netizen Indonesia karena terlibat sejumlah kontroversi.

Bermula dari pelaksanaan salat idulfitri di pondok pesantren Al-Zaytun, nama pesantren ini pun mencuat di masyarakat. Baru-baru ini, Panji Gumilang bahkan berencana untuk membangun gereja dan pesantren Kristen di Al-Zaytun. 

Hukum Warteg yang Jual Makanan di Siang Hari Selama Ramadhan, Kata Buya Yahya

Panji Gumilang adalah pria kelahiran Gresik, 30 Juli 1946. Dia mengaku pernah bertemu dengan Presiden Soekarno ketika masih duduk di kelas 3 SD.

Dia juga adalah alumnus dari Pondok Modern Gontor dan melanjutkan pendidikan di IAIN Syarif Hidayatullah dan sempat aktif di organisasi kemahasiswaan.

Sosok Pendeta yang Ajak War Takjil Non Muslim, Dulu Anggota Boyband

Panji Gumilang kemudian mendirikan Yayasan Pesantren Indonesia dan membangun Ponpes Al-Zaytun. Pada saat peresmiannya tahun 1999 lalu, Presiden BJ Habibie bahkan hadir secara langsung.

Pada tahun 2004, Panji Gumilang mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa di bidang manajemen dari sebuah kampus yang beerbasis di Inggris dan AS.

Halaman Selanjutnya
img_title