Wataru Endo Jadi Pemain Kedua Jepang di Liverpool

Wataru Endo
Sumber :

Viva Bandung – Liverpool secara resmi mendatangkan gelandang asal Jepang yang sebelumnya memperkuat VfB Stuttgart. Wataru Endo mendapatkan kontrak selama empat tahun. Endo pun menjadi pemain kedua Jepang yang ada di klub Liverpool setelah ada Takumi Minamino pada periode Januari 2020 sampai Juni 2022.

Ramadhan Sananta Masuk Daftar Top Skor Kualifikasi Piala Dunia, Geser Posisi Lionel Messi

"Rasanya luar biasa dan ini adalah impian saya. Selalu menjadi mimpi untuk bermain di Liga Premier dan dengan salah satu klub terbesar di dunia. Itu adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi saya,” kata Endo saat diperkenalkan, dilansir dari laman resmi klub, Sabtu.

Gelandang 30 tahun tersebut menjadi pemain kedua dari negeri Jepang setelah Minamino yang juga pindah dari klub menuju AS Monaco pada Juli 2022.

Dihadiri Mantan Pemain Liverpool, Akademi Persib Putri Jajal 3 Klub Eropa di Singapura

Minamino mencatatkan 55 kali penampilam di semua kompetisi dengan 14 gol dan tiga assists, serta memenangkan Liga Inggris 2019/2020, Piala FA 2021/2022, dan Piala Liga 2021/2022, demikian dilansir dari Transfermarkt.

“Ya ya. Dia (Minamino) mengirimiku pesan dan mengucapkan selamat. Saya memintanya untuk bercerita tentang Liverpool, jadi kami mengobrol,” kata Endo yang menjelaskan Minanimo turut bahagia ia berseragam The Reds.

Kuliah di Jurusan Al Quran, Profil Aisha Tamba Istri Sadio Mane

Endo tiba di Liverpool setelah menjalani empat musim dengan Stuttgart. Dia membuat 133 penampilan dan mencetak 15 gol dan 12 assists setelah pindah ke Liga Jerman pada tahun 2019 lalu dengan menjadi pemain pinjaman.

Pada level internasional, pemain yang bertinggi 1,78 meter itu memiliki 50 caps untuk timnas Jepang dengan sumbangan dua gol dan dua assists. Ia membuat empat penampilan di Piala Dunia 2022 di Qatar 2022 saat negaranya menjadi juara Grup E, mengungguli Spanyol dan Jerman, dan mencapai babak 16 besar sebelum dikalahkan Kroasia yang menjadi juara ketiga.

Halaman Selanjutnya
img_title