Nominasi Pemain Terbaik FIFA Sudah Keluar, Cristiano Ronaldo Ulangi Kisah Ballon d'Or?

Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • istimewa

Viva Bandung – Pengumuman nominasi pemain terbaik FIFA 2023 sudah keluar pada Kamis, 14 September 2023. Dari 12 nominasi pemain terbaik pria, tak ada nama Cristiano Ronaldo di dalamnya.

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dari Megabintang Cristiano Ronaldo

Hal ini mengulangi kisah Ronaldo dalam penghargaan Ballon d'Or. Nama Ronaldo juga tidak masuk dalam nominasi penghargaan yang digagas oleh France Football itu.

Maka, ini menjadi peluang besar untuk Lionel Messi agar semakin menjauh dalam gelar pemain terbaik dunia FIFA. Sebelumnya, pemain Inter Miami ini sudah tujuh kali mendapat gelar pemain terbaik FIFA, sementara Ronaldo baru lima kali.

Iraq Kehilangn Pemain Inti, Timnas Indonesia Diprediksi Masuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Messi berpeluang merebut gelar ke-8. Apalagi, dia menjadi kandidat terkuat setelah membawa Timnas Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022.

Dua pesaing berat Messi adalah Kylian Mbappe dan Erling Haaland. Haaland berhasil meraih treble bersama Manchester City. Sedangkan Mbappe mencetak hattrick pada final Piala Dunia 2022 meskipun akhirnya Timnas Prancis harus puas menjadi runner up. 

Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia Diuntungkan Jelang Lawan Irak

Ada pula nominasi pelatih dan kiper terbaik. Tiga kategori yang sama juga hadir untuk sektor sepakbola putri.

Untuk kategori pria, penilaian yang diambil FIFA dilihat dari performa sejak 19 Desember 2022 sampai 20 Agustus 2023, atau setelah Piala Dunia Qatar. Sementara untuk kategori wanita, penilaian dihitung dari 1 Agustus 2022 hingga final Piala Dunia Wanita 2023 pada 20 Agustus lalu.

Para pencinta sepakbola bisa ambil bagian dalam menentukan pemenang melalui voting di situs FIFA, yang dimulai sejak 14 September sampai 6 Oktober 2023. Selain suporter, penilaian juga melibatkan pelatih dan kapten timnas serta jurnalis. 

Daftar lengkap nominasi The Best FIFA Football Awards 2023:

Nominasi Pemain Pria Terbaik FIFA 2023 

Julian Alvarez (Manchester City) 

Halaman Selanjutnya
img_title