Kisah Timnas Indonesia Korbankan Piala Dunia Karena Tolak Lawan Israel

Timnas Israel U-20
Sumber :

BANDUNG – Terdapat kisah menarik dari Timnas Indonesia di Piala Dunia, yakni pada tahun 1958. Pada saat itu, Skuad Garuda membuang peluang lolos ke ajang kompetisi sepakbola 4 tahunan tersebut karena menolak melawan Israel.

Perang di Timur Tengah Memanas, Rusia Kirim Jet Tempur Canggih Bantu Iran Hadapi Balas Dendam Israel

Kala itu, Indonesia sukses melewati adangan China di babak kualifikasi Piala Dunia zona Asia-Afrika putaran pertama. Indonesia sukses menekuk China 2-0 di Stadion Ikada, 12 Mei 1957, lalu takluk 3-4 dari China pada Xiannongtan Stadium, Beijing.

Karena sama-sama menang sekali, China dan Indonesia bertemu dalam laga playoff di tempat netral. Skuad Garuda menahan China 0-0 di Aung San Stadium, Rangoon, Burma, pada 23 Juni 1957. Indonesia lolos karena unggul selisih gol atas China, dan dijadwalkan bertemu Israel di putaran kedua.

Heboh! Buku Karya Sarjana Isarel Ini Diduga Jadi Penyebab Zara Lepas Hijab

Sementara itu, Israel lolos tanpa bertanding di putaran pertama, usai Turki mundur karena menolak bertanding di grup Asia.

Indonesia akhirnya menolak untuk melawan Israel karena alasan politis atas instruksi Presiden Soekarno. Skuad Merah Putih sempat meminta bertanding di tempat netral namun ditolak FIFA.

Gawat! Buku Karya Sarjana Israel Diduga Pengaruhi Zara Lepas Hijab, Kini Sudah Beredar di Indonesia

Mesir yang berada di grup yang sama juga memutuskan mundur. Tinggal tersisa Israel dan Sudan di babak final kualifikasi.

Belakangan, Sudan juga memilih mundur karena gerakan boikot negara Arab terhadap Israel. Dengan catatan ini, seharusnya Israel lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 1958 di Swedia.

Halaman Selanjutnya
img_title