Tragedi Kanjuruhan, TGIPF Minta Iwan Bule CS Mundur dari PSSI

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule
Sumber :
  • pssi

BANDUNG –Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dianggap bertanggung jawab atas tewasnya 132 orang pada tragedi Kanjuruhan.

Fantastis! Segini Nilai Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia hingga 2027

Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) menyebut PSSI dan jajarannya tidak bisa berlindung di balik aturan maupun kontrak-kontrak yang secara formal sah.

"Kalau seperti ini, maka tidak ada yang salah," kata Ketua TGIPF, Mahfud MD dikutip dari VIVA, Rabu, 19 Oktober 2022.

Sukses Nahkodai Timnas Indonesia, PSSI Resmi Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

Insiden Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Arema FC vs Persebaya

Photo :
  • VIVA

"Sehingga di dalam catatan kami disampaikan juga bahwa pengurus PSSI juga harus bertanggung jawab dan sub-sub organisasinya," kata Mahfud MD menambahkan. 

Merasa Dirugikan Wasit Nasrullo Kabirov, PSSI Tulis Surat Protes ke AFC

Pernyataan Mahfud dipertegas dalam salinan kesimpulan dan rekomendasi TGIPF. Pada poin kelima disebutkan, ketua umum PSSI dan jajaran Komite Eksekutif sudah sepatutnya mengundurkan diri sebagai bentuk pertanggungjawaban moral atas tragedi Kanjuruhan pada Sabtu 1 Oktober 2022.

"Secara normatif, pemerintah tidak bisa mengintervensi PSSI, namun dalam negara yang memiliki dasar moral dan etik serta budaya adiluhung, sudah sepatutnya Ketua Umum PSSI dan seluruh jajaran Komite Eksekutif mengundurkan diri sebagai bentuk pertanggungjawaban moral atas jatuhnya korban sebanyak 712 orang, dimana saat laporan ini disusun sudah mencapai 132 orang meninggal, 96 orang luka berat, 484 orang luka sedang/ringan yang sebagian bisa mengalami dampak jangka panjang."

Halaman Selanjutnya
img_title