Belum Ada Cara untuk Memprediksi Gempa Bumi

Ilustrasi gempa bumi
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Indonesia termasuk negara yang sangat rawan terhadap bencana gempa bumi. Pasalnya, Indonesia berada di atas lempeng tektonik dan memiliki banyak sesar yang sewaktu-waktu bisa bergeser atau patah sehingga menimbulkan kerusakan hebat.

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Kamis 25 April 2024

Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Bahkan, BMKG mencatat gempa bumi susulan terjadi sebanyak 384 kali.

Sementara itu, melansir dari Scientific American, bencana gempa bumi termasuk ke dalam hal yang masih sulit untuk diprediksi. Bahkan, US Geological Survey (USGS) menuliskan peringatan terkait prakiraan gempa Bumi.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Kamis 25 April 2024

"Baik USGS atau ilmuwan lainnya tidak pernah memprediksi gempa Bumi besar. Kami tidak tahu bagaimana, dan kami tidak berharap akan ada prediksi di masa depan," tulis USGS.

Gempa berasal beberapa kilometer dari bawah permukaan Bumi sehingga ada kemungkinan indikator lainnya yang bisa menjadi pertanda, meski ilmuwan tidak dapat dengan mudah mendeteksinya dari atas permukaan Bumi.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Rabu 24 April 2024

Kesulitan lain memprediksi gempa Bumi adalah membedakan gempa minor dan gempa major. Hingga kini, belum ada cara sederhana untuk menguraikan apakah tanda peringatan dini (early warning) adalah pertanda gempa besar yang merusak atau hanya gempa Bumi kecil.