Indonesia Negeri yang Indah, Tapi Miliki Keragaman Bencana Luar Biasa

Ilustrasi gempa bumi
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Kepala Disaster Risk Reduction Center (DRRC) Universitas Indonesia, Prof. Dra. Fatma Lestari, M.Si., Ph.D, mengungkapkan, Indonesia selain dikaruniai keindahan alam yang terbentang, juga dilengkapi dengan risiko bencana.

Gempa Magnitudi di Tuban, BMKG Prediksi Datangnya Tsunami

"Indonesia memiliki keragaman bencana luar biasa. Gempa bumi terbesar di dunia dan frekuensi terbanyak ke-3 di dunia yang memiliki likuifaksi," ujar Prof. Fatma saat Kick of Penyelenggaraan Garnas Buana 2022 di Hotel Borobudur Jakarta, belum lama ini.

"Tugas kita tidak mudah namun perlu kita berkolaborasi bersama. Perlu diingat juga bahwa jumlah penduduk Indonesia no. 4 terbesar di dunia, saat terjadi bencana memiliki tantangan lebih banyak," sambungnya.

BMKG Sebut Ada 8 Kali Gempa Susulan Setelah Guncang Tuban Berskala 6,5

Bahkan dia menyebut, dalam taraf internasional sekitar 80 persen gempa yang ada berasal dari Indonesia. Maka dari itu, untuk menghadapi kondisi tersebut Prof. Fatma mengingatkan kembali untuk bersama-sama berkolaborasi. 

Bentuk kolaborasi tersebut salah satunya diwujudkan dengan menyelenggarakan program Garda Nasional Bumi dan Bencana (Garda Buana) 2022. Program ini turut diinisiasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal bina Administrasi Kewilayahan dengan support dari tim ahli Disaster Risk Reduction Center (DRRC) Universitas Indonesia. 

Gempa Magnitudo 6,5 Guncang Tuban, Ini Kata BMKG: Tsunami?

"Indonesia negeri yang indah, kita juga menghadapi berbagai bencana di negeri ini. Garnas Bumi dan Bencana lahir hari ini untuk menghargai, memberikan penghargaan garda-garda terdepan yang selalu siap menjadi perintis, melindungi jiwa serta mengurangi dampak dampak dari bencana," tuturnya. 

Prof Fatma melanjutkan, Garnas Buana 2022 merupakan bentuk penghargaan kepada garda terdepan, sebab Indonesia memiliki begitu besar tantangan dalam menghadapi bencana.

Halaman Selanjutnya
img_title