Kondisi Kesehatan Menara Pisa Sangat Baik Meski Miring

Menara Pisa
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Menara Pisa yang terletak di Italia telah membuat bingung para insinyur, sejarawan, dan pengamat karena masih bisa berdiri meski telah melewati empat gempa bumi dan bergoyang bolak-balik.

Kiper Inter Milan Emil Audero Bakal Gabung Timnas Indonesia, Ini Buktinya

Kini, semua orang bisa bernafas lega karena survei terbaru menemukan bahwa kesehatannya jauh lebih baik dari yang diperkirakan.

Menara telah merangkak tegak sekitar 4 sentimeter (1,6 inchi) dalam 21 tahun sejak pekerjaan stabilisasi terakhir dilakukan.

Cara Terbaru Klaim Saldo DANA Gratis Rp700.000, Langsung Masuk Rekening!

Survei dilakukan oleh tim insinyur geoteknik dan didanai oleh Opera Primaziale Pisana (OPA), sebuah organisasi nirlaba yang didirikan untuk mengawasi pekerjaan konstruksi untuk melestarikan situs bersejarah tersebut.

"Mengingat itu adalah pasien berusia 850 tahun dengan kemiringan sekitar lima meter dan penurunan lebih dari tiga meter, kondisi kesehatan Menara Miring Pisa sangat baik," kata juru bicara OPA kepada National Associated Press Italia. Agency (ANSA).

Ayo Klaim Saldo DANA Gratis Rp700.000, Tanpa Aplikasi dan Isi Survei Saja

Pembangunan Menara Pisa dimulai pada tahun 1174, dan dalam beberapa tahun tampak ada sesuatu yang salah. Fondasinya yang dangkal dibangun di atas dasar lumpur, pasir, dan tanah liat yang tidak stabil, lebih lunak di sisi selatan.

Insinyur mencoba memperbaiki kemiringan, membuat lantai atas lebih tinggi di satu sisi daripada yang lain, menghasilkan apa yang bisa dikatakan sebagai bangunan luar biasa yang melengkung dan miring.

Halaman Selanjutnya
img_title