8 Strategi Pemasaran Bisnis untuk Maksimalkan Momen Natal dan Tahun Baru
- Pixabay
Bandung – Momen natal dan tahun baru biasanya dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk bisa mendapatkan keuntungan besar bagi orang yang memiliki bisnis.
Kamu bisa menerapkan berbagai strategi pemasaran coba untuk memaksimalkan momen natal dan tahun baru. Berikut tipsnya:
1. Buat Katalog Khusus
Tips promo natal dan tahun baru pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membuat katalog produk khusus momen tersebut.
Kamu bisa coba mengelompokkan produk best seller untuk dimasukkan dalam katalog nataru. Ini merupakan cara yang cukup efektif untuk meningkatkan penjualan, lho.
Jangan lupa untuk memberikan diskon spesial selama momen natal dan tahun baru agar pelanggan semakin tertarik berbelanja.
2. Luncurkan Kemasan Spesial Nataru
Tips promo natal dan tahun baru selanjutnya yaitu cobalah untuk meluncurkan kemasan spesial nataru.
Biasanya, ada banyak pelanggan yang ingin mengirimkan hampers untuk merayakan momen natal dan tahun baru dengan orang-orang tersayang.
Produk jualanmu pun bisa menjadi pilihan ide hampers natal dan tahun baru. Dengan kemasan special edition sehingga lebih menarik pelanggan untuk membelinya.
3. Buat Nama Produk Khusus
Strategi promo lain yang cukup efektif kamu terapkan selama perayaan natal dan tahun baru, yaitu cobalah untuk membuat nama produk kusus momen spesial ini.
Carilah nama yang kreatif untuk produk kamu selama momen natal dan tahun baru sehingga terlihat lebih menarik di mata pelanggan.
Dengan menggunakan nama produk seputar natal dan tahun baru, kamu bisa meningkatkan traffic situs web lebih banyak.
Sebab, nama produk yang sesuai dengan kata kunci populer akan dicari banyak orang.
Maka dari itu, manfaatkanlah sebaik mungkin dengan membuat nama produk special edition nataru.
4. Gunakan Time Countdown untuk Ciptakan Urgensi
Tips promo natal dan tahun baru selanjutnya yang bisa kamu coba, yaitu dengan menggunakan time countdown untuk ciptakan rasa urgensi.
Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan media sosial dan website untuk membuat time countdown sehingga pelanggan tidak mau ketinggalan diskon spesialnya.
Strategi pemasaran yang dilakukan dengan menambahkan keterangan waktu dinilai cukup efektif untuk meningkatkan keinginan pelanggan untuk berbelanja.
Jadi, cobalah untuk membuat time countdown selama beberapa hari atau beberapa jam mendekati momen natal dan tahun baru.
5. Berikan Hadiah untuk Setiap Pembelian
Kamu juga bisa coba memberikan hadiah untuk setiap pembelian produk yang dilakukan oleh pelaggan sebagai salah satu tips promo natal dan tahun baru.
Berikanlah hadiah yang menarik untuk membuat pelanggan semakin ingin melakukan checkout di toko online kamu.
Hadiah yang diberikan bisa berupa produk best seller atau sample produk yang akan kamu jual dalam waktu dekat.
Selain meningkatkan keuntungan, cara ini juga cukup efektif untuk mendorong penjualan produk lain yang menjadi hadiah pembelian.
6. Tawarkan Promo Gratis Ongkir
Tips promo natal dan tahun baru berikutnya yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menawarkan promo gratis ongkir.
Biasanya, memberikan promo gratis ongkir efektif untuk membuat pelanggan berbelanja lebih banyak.
Pasalnya, promo gratis ongkir bisa menghemat produk yang mereka beli. Jadi, penawaran ini seringkali dimanfaatkan pelanggan untuk menyetok produk favoritnya.
7. Adakan Kontes Berhadiah Menarik
Untuk dapat menarik lebih banyak pelanggan selama promo natal dan tahun baru, kamu bisa coba mengadakan kontes berhadiah menarik.
Misalnya, giveaway dengan hadiah produk best seller atau barang new launching. Jadi, pelanggan tertarik untuk berpartisipasi karena hadiah yang menggiurkan. Kamu bisa coba mengadakan kontes berhadiah menarik ini melalui media sosial.
Mintalah peserta kontes untuk like, share, komentar, dan share postingan media sosial untuk meningkatkan jangkauan.
Dengan begitu, kamu bisa membuat brand lebih banyak dikenal oleh audiens. Kamu pun bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan baru.
8. Berikan Kode Kupon Khusus
Tips promo natal dan tahun baru lainnya, yakni dengan coba memberikan kode kupon atau voucher yang berisi penawaran menarik.
Dalam hal ini, bisa meliputi potongan harga spesial, promo cashback, diskon produk bundling, hingga gratis ongkir.
Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, pelanggan harus mencantumkan kode voucher khusus pada halaman checkout.
Kamu bisa membagikan kode kupon ini secara cuma-cuma melalui postingan di media sosial, website, atau konten penawaran di email.