Ilmuwan Temukan Tanda-tanda Kehidupan di Bulan Saturnus

Bulan Saturnus
Sumber :
  • Instagram/@nasaspaceworld

BANDUNG – Sel-sel dari kehidupan asing atau alien dapat dideteksi dalam semburan air yang menyembur dari salah satu Bulan milik Planet Saturnus, menurut para ahli.

Buya Yahya Ungkap Tanda-tanda Orang yang dapat Malam Lailatul Qadar

Enceladus, salah satu dari 83 bulan di planet ini adalah salah satu pesaing terkuat untuk menemukan kehidupan di tata surya karena memiliki lautan air asin yang hangat di bawah lapisan es yang tebal.

Mengirim penyelidikan melalui celah es untuk mengambil sampel memang rumit, tetapi para ilmuwan sekarang telah memastikan bahwa tanda-tanda kehidupan dapat dideteksi dalam gumpalan uap air yang menyembur dari permukaan.

Begini Ciri-ciri Orang yang Mendapat Malam Lailatul Qadar, Buya Yahya Beri Pandangan

Dalam sebuah studi baru, para ahli di Universitas Arizona dan Universitas Riset PSL di Paris menghitung bahwa mungkin ada cukup kehidupan di Enceladus sehingga sel dan molekul organik lainnya akan dikeluarkan melalui semburan.

"Penelitian kami menunjukkan jika biosfer –sebuah wilayah dengan organisme hidup– hadir di lautan Enceladus, tanda-tanda keberadaannya dapat diambil tanpa perlu untuk mendarat atau mengebor," kata Antonin Affholder dari Universitas Riset PSL di Paris.

3 Waktu Ini Buat Doa Cepat Terkabul, Ustaz Khalid Basalamah Anjurkan di Bulan Ramadhan

Misi semacam itu akan membutuhkan pengorbit untuk terbang melewati kepulan asap untuk mengumpulkan banyak bahan, mengutip dari situs The Telegraph, Kamis, 29 Desember 2022.

Bukti definitif sel-sel hidup yang tertangkap di dunia asing mungkin tetap sulit dipahami selama beberapa generasi. Tapi dia mengaku tidak bisa mengesampingkan potensi keberadaan kehidupan di Enceladus.

Halaman Selanjutnya
img_title