Penampakan Perangko Tua yang Punya Nilai Fantastis, Harganya Ratusan Miliar

Perangko Tua
Sumber :

BANDUNG – Apa yang ada di benak kamu saat mendengar benda termahal yang dinilai berdasarkan beratnya? Bisa dipastkan tentu, batu berlian, hasil karya seni, atau barang mewah lainnya bukan?

Intip Peluang Timnas Indonesia Tampil di Olimpiade Dunia Pasca Piala Asia U-23

Namun ternyata tidak hanya benda-benda tersebut yang menjadi benda termahal di dunia jika dilihat berdasarkan berat barangnya. Tapi, ada sebuah prangko tua dengan ukuran kecil yang nilainya sangatlah fantastis. Tentu kamu sulit mempercayai hal ini.

Sulit dipercaya memang, bahwa prangko sederhana dapat dianggap sebagai benda sangat mahal. Namun faktanya memang benar adanya, jika prangko klasik tahun 1856 ini dianggap sebagai benda termahal di dunia menurut beratnya, dengan nilai harga US$ 8,5 juta atau setara dengan Rp131,6 miliar, seperti yang dilansir dari laman Oddity Central.

Lolos ke Perempat Final, Mungkinkah Timnas Indonesia U-23 Bisa Berlaga di Olimpiade Paris 2024?

Dunia ini penuh dengan benda-benda berharga, mulai dari perhiasan hingga karya seni langka, tetapi jika menyangkut nilai per gram, tidak ada yang mendekati 'The British Guyana One-Cent Black on Magenta', prangko satu-satunya yang beratnya hanya 40 miligram tetapi bernilai sekitar US$8,5 juta atau RP 131,6miliar. 

Sebagai perbandingan, rata-rata berlian 0,2 karat (yang juga berbobot 40 miligram) berharga sekitar US$700, sedangkan jumlah LSD yang sama berharga sekitar US$5.000. Tidak ada objek yang dapat dibandingkan dengan stempel ultra-langka ini dalam hal nilai per berat.

Rangkuman Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dari Klub Serie A hingga Premier League

Lantas apa sih yang membuat prangko The British Guyana One-Cent Black on Magenta ini begitu mahal? Ternyata, disebutkan lebih lanjut prangko berumur lebih dari satu abad  ini tak lain tak bukan adalah barang suci para kolektor prangko di seluruh dunia. Jadi wajar saja, jika barang tersebut memiliki nilai fantastis. 

Ini mungkin prangko yang paling terkenal dan didambakan yang ada, hanya karena ini adalah satu-satunya dari jenisnya.  Sementara sebagian besar prangko yang dapat dikoleksi memiliki banyak salinan yang beredar, perangko khusus ini adalah satu-satunya spesimen.

Halaman Selanjutnya
img_title