Apa Jadinya Jika Oksigen di Bumi Hilang Selama 5 Detik?

Ilustrasi bumi tanpa oksigen
Sumber :
  • Wonderful Engineering

BANDUNG – Oksigen adalah unsur penting bagi makhluk hidup seperti tanaman, binatang, dan manusia. Tanpa oksigen, kelangsungan makhluk hidup tidak bisa berjalan.

Catat Mom, Begini Cara Masak Ketupat Hemat Gas Cukup 30 Menit

Dilansir dari News Nations, oksigen yang dihirup secara kasar membentuk 21 persen atmosfer dengan 78 persen berupa nitrogen serta satu persen karbon dioksida dan gas lainnya.

Meskipun oksigen bukan gas yang paling melimpah di atmosfer, oksigen merupakan hal paling penting. Pernahkah kamu menahan napas selama lima detik? Sepertinya terdengar mudah.

Resep Masak Ketupat Hemat Gas, Cuma Butuh Waktu 30 Menit

Banyak dari manusia bisa menahan napas selama 30 hingga 40 detik – bahkan ada yang bisa hingga satu menit. Namun, keadaan itu tak serupa dengan yang lainnya. Jika bumi tanpa oksigen selama lima detik saja, semuanya akan berbeda jauh.

Tanpa oksigen, rumah, bendungan, gedung tinggi, dan bangunan apapun yang terbuat dari beton akan runtuh seketika. Hal ini disebabkan oksigen berperan sebagai agen pengikat khusus beton. Jika tak ada oksigen, beton hanyalah debu.

Gempa Magnitudi di Tuban, BMKG Prediksi Datangnya Tsunami

Tak cuma berimbas pada bangunan. Efek tanpa oksigen selama lima detik tentu akan berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia.

Jika kamu berada di bawah sinar matahari, lapisan ozon yang melindungi dari sinar ultraviolet akan lenyap. Lapisan ozon terbuat dari oksigen.

Halaman Selanjutnya
img_title