Misteri Makam Genghis Khan, Kaisar Mongol Sang Penguasa Dunia

Patung publik monumental Genghis Khan
Sumber :
  • Getty Images

BANDUNG – Genghis Khan adalah seorang pejuang abad ke-13 di Asia Tengah yang mendirikan Kekaisaran Mongol membentang dari Samudra Pasifik hingga Eropa.

Dua Ular Raksasa di Makam Sunan Kalijaga Disebut Penyebab Banjir Demak, Juru Kunci Angkat Bicara

Banyak hal tentangnya yang masih belum diketahui. Misalnya, seperti apa sosoknya karena tidak ada satu pun potret asli pria itu, menurut Jean-Paul Roux, profesor emeritus di Ecole du Louvre dalam bukunya 'Genghis Khan and the Mongol Empire' (Thames & Hudson 2003).

Semua citra dirinya yang ada saat ini diciptakan setelah kematiannya atau oleh orang yang belum pernah bertemu dengannya.

Heboh! Misteri Dua Ular Raksasa Sowan ke Makam Sunan Kalijaga, Dipercaya Sebabkan Banjir Demak

Selain itu, sampai Khan menguasai orang Uighur, orang Mongolia masih tidak memiliki sistem penulisan. Dengan demikian, banyak catatan tentang dirinya yang masih ada ditulis oleh orang asing.

Satu catatan penting Mongolia yang berjudul The Secret History of the Mongol ditulis secara anonim beberapa saat setelah kematian Khan.

Gagal Duduki Kuris Dewan, Caleg Ini Diduga Paksa Warga Bongkar Kuburan di Atas Tanahnya

Dari apa yang dapat dikumpulkan oleh sejarawan modern, dia lahir sekitar 1160 Masehi dan meninggal dunia pada Agustus 1227 M. Kemungkinan penyebabnya adalah karena wabah pes saat melakukan kampanye melawan orang-orang Tangut.

Genghis Khan lahir dengan nama Temujin (dibaca Temuchin). Pada saat itu Mongolia tidak bersatu dan diperintah oleh klan dan kelompok suku yang berbeda. Ayahnya, bernama Yesuge (dibaca Yesukai) merupakan tuan dan pemimpin dari 40 ribu tenda keluarga.

Halaman Selanjutnya
img_title