5 Penyakit Kulit yang Perlu Diwaspadai!

Penyakit kulit
Penyakit kulit
Sumber :
  • Times of India

BANDUNG – Berdasarkan data dari Perhimpunan Dokter Spesialis Dermatologi dan Venereologi Indonesia (Perdoksi), terdapat 3 ribu estimasi macam penyakit yang berhubungan dengan penyakit kelamin dan kulit.

Dari sekian banyaknya penyakit kulit, ternyata ada beberapa di antaranya yang masih jarang diketahui oleh masyarakat awam dan perlu diwaspadai.

1. Manifestasi Kulit pada Pasien Covid-19

Serangkaian kasus dari seluruh dunia telah mengidentifikasi manifestasi dermatologi potensial dari penyakit COVID-19. Frekuensi (berkisar antara 0,2 hingga 20,4 persen kasus) dan waktu manifestasi kulit dari COVID-19 sulit dipastikan.

Belum jelas juga hubungan manifestasi kulit tertentu dengan tingkat keparahan penyakit. Selain itu, tidak dapat dikesampingkan bahwa pada beberapa pasien temuan kulit yang diamati mungkin merupakan reaksi kulit terhadap berbagai perawatan yang digunakan untuk COVID-19. 

Dilansir dari UpToDate pada Jumat, 27 Januari 2023, registri COVID-19 American Academy of Dermatology, sebuah kolaborasi antara American Academy of Dermatology dan International League of Dermatologic Societies, diketahui sedang mencoba untuk menyusun kasus dan mendefinisikan manifestasi kulit dari COVID-19. 

Di antara 171 pasien COVID-19 yang dikonfirmasi laboratorium dengan manifestasi kulit dari registri, yang paling sering dilaporkan adalah ruam morbiliformis (22 persen), lesi akral seperti pernio (18 persen), urtikaria (16 persen), eritema makula (13 persen) , erupsi vesikuler (11 persen), erupsi papulosquamous (9,9 persen) dan purpura retiform (6,4 persen).

Halaman Selanjutnya
img_title