Tak Hanya di Indoneia, Bisnis JD.com Juga Tutup di Thailand

Pendiri JD.com Richard Liu.
Sumber :
  • AP

BANDUNG – Induk dari JD.com tidak hanya akan menutup operasional di Indonesia tapi juga di Thailand pada Maret mendatang karena raksasa e-commerce China tersebut mengalihkan fokus internasionalnya untuk menyediakan solusi rantai pasokan lintas-negara.

LEGAL! 5 Game Penghasil DANA Tercepat 2024, Tiap Main Dapat Saldo Gratis

JD.com yang berkantor pusat di Beijing, yang secara resmi memasuki pasar Asia Tenggara lebih dari delapan tahun lalu mengumumkan pada hari Senin bahwa mereka akan menutup situs JD.ID dan JD Central masing-masing pada tanggal 31 Maret dan 3 Maret.

"JD.com akan terus melayani pasar global, termasuk Asia Tenggara, melalui infrastruktur rantai pasokannya, yang tetap menjadi inti bisnis kami. Kami berkembang di pasar internasional dengan berfokus pada membangun jaringan rantai pasokan lintas-negara dengan logistik dan pergudangan sebagai intinya," kata juru bicara JD.com.

Segera Klaim Saldo DANA Kaget Rp600 Ribu Hari Ini Selasa 9 Juli 2024

Langkah tersebut menandai mundurnya perusahaan China secara resmi dari arena e- commerce yang semakin kompetitif di Asia Tenggara, di mana dominasi juara regional termasuk pada Tokopedia, Shopee, Lazada, dan Bukalapak yang telah mempersulit perusahaan untuk memperluas pangsa.

JD.ID yang dibangun JD.com pada tahun 2015 sebagai usaha patungan (JV) dengan perusahaan investasi yang berbasis di Singapura, Provident Capital, hanya menduduki peringkat ke-10 di antara 10 situs e- commerce teratas di Indonesia pada kuartal kedua tahun 2022, menurut penyedia data pasar Statista.

Media Luar Negeri Juluki Budi Arie Sebagai "Menteri Giveaway" Usai Peretasan PDNS

JD.ID diperkirakan memiliki 2,34 juta kunjungan web per bulan, dibandingkan dengan Tokopedia yang memimpin dengan hampir 158,4 juta kunjungan web.

Statista menempatkan Shopee sebagai situs e- commerce kedua yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Lengan e-commerce Sea Ltd yang berbasis di Singapura itu diperkirakan memiliki 131,3 juta kunjungan web setiap bulan.

Halaman Selanjutnya
img_title