Awan Panas Gunung Merapi Berbentuk Petruk, Peneliti: Fenomena Pareidolia

Awan Panas Gunung Merapi Disebut Mirip Petruk
Sumber :
  • Instagram

VIVA Bandung – Video memperlihatkan kepulan awan panas yang keluar dari kawah Gunung Merapi disebut-sebut menyerupai tokoh pewayangan Jawa, Petruk viral di media sosial Minggu, 12 Maret 2023.

Andy Rompas Kritik Ustaz Abdul Somad, Diduga Gegara Ikut Campur Konflik Habib Bahar

Dalam video yang dibagikan akun Instagram magelang_raya, sekilas gumpalan awan berwarna hitam itu memang menyerupai siluet membentuk tokoh pewayangan Jawa, Petruk yang identik dengan hidung panjangnya.

"Yang suka mengarang, awan Merapi pagi ini mirip apaan hayoo?” tulis akun itu dikutip dari VIVA, Jumat, 17 Maret 2023.

Selain Paracetamol, Berikut Obat Alternatif Lain yang Ampuh Turunkan Panas

Beberapa warganet meyakini bahwa tokoh wayang yang disebut Mbah Petruk itu merupakan sosok gaib yang melindungi Gunung Merapi. Tak sedikit pula yang meyakini bahwa awan panas itu merupakan wujud atau pelambangan dari Mbah Petruk.

"Begitu lihat langsung ingat Mbah Petruk yang melindungi Gunung Merapi," komentar salah seorang warganet. – "Mbah petruk sendhiko dawuh marep kidul," balas yang lain. – "Bentuknya seperti Petruk di tokoh pewayangan," kata warganet.

Tiara Andini dan Kru Dianiaya di Lobi Hotel, Leher Dicekik Hingga Kepala Dipukul

Untuk diketahui keberadaan tokoh Petruk dalam dunia pewayangan merupakan gubahan asli masyarakat Jawa. Petruk dikenal sebagai salah satu anggota Punakawan dan merupakan anak kedua dari Semar. Tokoh Petruk digambarkan dengan tubuh tinggi, tangan dan hidung yang panjang.

Halaman Selanjutnya
img_title