Wafat di Usia 74 Tahun, Ini Profil Sheikh Khalifa Presiden ke-2 UAE

Presiden United Arab Emirate Sheikh Khalifa
Presiden United Arab Emirate Sheikh Khalifa
Sumber :
  • istimewa

BANDUNG – Profil Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan tengah menjadi sorotan baru-baru ini. Sebab Presiden UEA tersebut meninggal dunia di usia 74 tahun.

Bahkan Presiden RI Joko Widodo yang berkunjung ke UEA setelah dari Amerika Serikat juga takjiah dan memberi ucapan bela sungkawa kepada Yang Mulia Mohamed bin Zayed, atas meninggalnya Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan.

Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan adalah putra tertua Sheikh Zayed, yang kemudian diangkat menjadi Wakil Penguasa di wilayah timur Abu Dhabi dan sebagai Kepala Departemen Pengadilan di Al Ain pada tahun 1966 silam.

Dahulu, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan mengantikan posisi ayahnya sebagai Presiden Uni Emirad Arab, karena ayahnya meninggal dunia.

Berikut ini telah dirangkum informasi mengenai profil Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan.

Pada tahun 1971 silam, Sheikh Khalifa menjadi Perdana Menteri Abu Dhabi di bawah kepimpinan ayahnya yairu Sheikh Zayed.

Dirinya juga pernah mengemban tugas sebagai Menteri Pertahanan dan Keuangan.

Pada tanggal 3 November 2004, Sheikh Khalifa secara resmi diangkat menjadi Presiden Uni Emirad Arab, untuk mengantikan ayahnya Zayed bin Sultan Al Nahyan yang telah meninggal dunia akibat sakit.

Kemudian pada tanggal 4 Januari 2010, gedung tertinggi buatan manusia di Dubai, yang dahulu dikenal dengan nama Burj Dubai akhirnya diganti nama menjadi Burj Khalifa, di mana pergantian nama tersebut dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan terhadap Sheikh Khalifa.

Sheikh Khalifa juga telah membangun sebuah istana megah berlantai 6, yang berada di pulau utama dari Seychelles. Seychelles adalah sebuah negara kepulauan yang mencakup sebuah kepulauan dari 115 pulau di Samudera Hindia di Samudra Hindia, sekitar 1.600 kilometer sebelah timur daratan Afrika, dan sebelah timur laut Madagaskar.

Berikut ini adalah biodata lengkap Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan Presiden Uni Emirad Arab, dilansir dari berbagai sumber.

  • Nama Lengkap: Sheikh Khalifa bin Zayid Sultan al-Nahyan
  • Nama Panggilan: Sheikh Khalifa
  • Tempat Lahir: Al Ain, Abu Dhabi, Trucial Serikat
  • Tanggal Lahir: 25 Januari 1948
  • Umur: 74 Tahun (2022)
  • Jabatan: Presiden Uni Emirad Arap (3 November 2004 – 13 Mei 2022) Presiden Uni Emirat Arab ke-2
  • Wafat/Meninggal Dunia: Usia 74 Tahun

Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan Presiden Uni Emirad Arab dikabarkan telah meninggal dunia pada hari Jumat 13 Mei 2022 diusia 74 tahun.

Kabar meninggalnya Presdien Uni Emirat Arab tersebut, sebagaimana dilansir dari ucapan belasungkawa yang disampaikan oleh Luhut Pandjaitan melalui akun Instagram-nya, pada Jumat 13 Mei 2022 malam.

Menurut informasi yang beredar, Sheikh Khalifa meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit yang telah lama dideritanya.

Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan juga diketahui sempat mengalami serangan stroke pada Januari 2014 lalu.

Sejak saat itu, dirinya pun berhenti terlibat dalam sebagian besar urusan pemerintahan dan jarang menunjukkan diri di muka publik.

Sejak saat itu, posisi penguasa de facto Abu Dhabi dan Uni Emirat Arab dipegang oleh saudaranya, yaitu Putra Mahkota Mohammed bin Zayed atau MBZ. (irv)