Ilmuwan Heboh, Belasan Mumi dan Benda Mewah Muncul saat Salju Abadi Mencair

Ilustrasi mumi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA BandungSalju abadi di pegunungan Eurasia timur perlahan-lahan mencair. Siapa sangka, lelehan ini ternyata menghasilkan penemuan pemakaman yang berisi belasan mumi serta peninggalan emas dan benda mewah lainnya. 

BRImo Tabur Hadiah Logam Mulia dan iPhone 15 Pro, Cukup Top Up Paket DATA

Para ahli meyakini bahwa pemakaman ini adalah milik orang-orang dari Kekaisaran Mongol yang dahulu sangat ditakuti. Namun, berbanding terbalik dengan kesan kejam, mereka rupanya gemar minum “susu yak”, yakni sejenis sapi yang hidup di pegunungan.

Mengutip IFL Science, Minggu, 23 April 2023, penelitian baru telah mempelajari sisa-sisa kuburan di tempat yang disebut situs Khorig di pegunungan Khovsgol. Pemakaman itu beroperasi pada abad ke-13 dimulai sekitar waktu penyatuan Kekaisaran Mongol pada 1206 M.

BRImo Tabur Hadiah Logam Mulia dan iPhone 15 Pro, Cukup Isi paket DATA

Kerangka 11 Mumi ini ditemukan di situs pemakaman saat salju abadi mencair. Mayat-mayat ditemukan dalam kondisi baik karena suhu di sana dibawah nol yang dapat mengawetkan mereka selama lebih dari 800 tahun.

Para mayat dikuburkan di samping barang-barang yang mewah dan didandani. Para ahli percaya orang-orang yang dimakamkan di sini memiliki status sosial yang tinggi.

Ambil Hadiah Logam Mulia dan iPhone 15 Pro di BRImo, Buruan Terakhir Agustus

Untuk studi terbaru ini, para peneliti sangat tertarik untuk menganalisis situs makam tersebut untuk memahami gaya hidup dan pola makan para bangsawan Kerajaan Mongol ini. Dengan melihat protein yang ditemukan dalam kalkulus gigi kuno, tim menemukan bukti langsung bahwa mereka meminum susu kuda, domba, kambing, sapi, terutama susu yak.

Tim peneliti juga sangat bersemangat untuk menemukan bukti keberadaan yak, karena hewan tersebut memainkan peran yang sangat penting dalam budaya masyarakat di daerah dataran tinggi Eurasia timur.

Halaman Selanjutnya
img_title