Dijamin Cara Paling Ampuh! Ini 7 Tips Mengetahui Berita Hoaks

Ilustrasi Tips Mengetahui Berita Hoaks
Sumber :
  • VIVA Group

Viva Bandung –  Berita hoaks beredar dengan cepat, luas, dan mudah, apalagi di media sosial dan internet. Cukup sulit membedakan mana berita bohong alias hoaks dengan berita yang sebenarnya dengan fakta yang terjadi.

Beritakan Prabowo Sebagai Penculik 'Aktivis 98', TKN Akan Pidanakan Koran Achtung

Di bawah ini tujuh tips mengetahui berita hoaks. Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Berita Hoaks?

Rawan Kabar Hoaks di Masa Kampanye, Berikut Tiga Saluran Pengaduan Ke Bawaslu

Ilustrasi Tips Mengetahui Berita Hoaks

Photo :
  • VIVA Group

Berita hoaks (atau disebut juga "berita palsu" atau "fake news" dalam bahasa Inggris) adalah sebuah informasi yang disebarkan dengan sengaja dengan tujuan untuk menipu atau menyesatkan orang-orang yang membacanya. Berita hoaks bisa berupa artikel, foto, video, maupun suara yang berisi informasi yang tidak benar atau tidak terbukti kebenarannya.

MUI Tegas Tak Akan Cabut Produk Israel: Semuanya Halal

Berita hoaks biasanya dibuat dengan tujuan tertentu, seperti untuk mencari perhatian, mengumpulkan klik pada situs web tertentu, atau mempengaruhi opini publik terhadap suatu isu atau peristiwa. Seringkali, berita hoaks juga disebarkan dengan maksud untuk mempengaruhi hasil pemilihan atau memberikan keuntungan kepada kelompok tertentu.

Karena mudahnya berita hoaks tersebar melalui media sosial dan internet, maka penting bagi kita untuk selalu memverifikasi kebenaran informasi sebelum mempercayainya atau menyebarkannya lebih lanjut.

Halaman Selanjutnya
img_title