Anak Nyaman Pakai Masker? Ini Cara Pemakaian Yang Benar

Ilustrasi nyaman memakai masker
Sumber :
  • Kemenkes

BANDUNG – Di masa pandemi COVID-19 saat ini, adanya perhatian khusus dan perlindungan ekstra bagi generasi penerus bangsa sangat perlu dilakukan, terutama bagi anak-anak hingga remaja.

Gak Nyangka! Ini Alasan Habib Rizieq Menikah Lagi Tak Lama Setelah Syarifah Fadhlun Meninggal

Dengan demikian, penggunaan masker sebagai salah satu bagian dari penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 juga perlu disampaikan dengan pemahaman yang baik dan benar untuk anak-anak.

WHO dan UNICEF merekomendasikan anak usia di bawah 5 tahun untuk tidak perlu memakai masker. Anjuran ini dibuat demi keselamatan dan fakta bahwa setiap anak boleh mencapai tahap perkembangan pada usia yang berbeda-beda.

Makan Otak Kelinci Demi Punya Anak, Denny Sumargo: Biar Sperma Bagus

Untuk anak dengan usia 6-11 tahun dapat menggunakan masker dengan menyesuaikan berdasarkan tingkat risiko, seperti risiko penyaluran lokal, kemampuan anak untuk mematuhi aturan, kehadiran orang dewasa untuk supervisi, serta pertimbangan lain seperti kondisi disabilitas atau bawaan.

Lain halnya dengan anak dengan usia lebih dari 12 tahun dianggap memahami fungsi menggunakan masker, dan karenanya harus mengikuti aturan dewasa.

Ini Profil Pendeta yang Ajak War Takjil Umat Muslim, Ternyata dulu Anak Boyband

Bagi para orangtua, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengenakan masker kepada anak, seperti :

Pilih yang cocok dan nyaman untuk anak (seperti ukuran, bahan, dll) atau buat sendiri masker untuk anak yang sesuai standar.

Halaman Selanjutnya
img_title