Waspada Hal Ini! 6 Faktor Pemicu Terjadi Pelecehan Seksual

Ilustrasi Waspada Pelecehan Seksual
Sumber :
  • VIVA Group

Viva Bandung – Banyak orang yang tak sadar jika dirinya menjadi salah satu korban pelecehan seksual dan memilih untuk membiarkannya saja. Pelecehan seksual adalah tindakan tidak senonoh atau tidak pantas yang ditujukan kepada seseorang tanpa persetujuan atau keinginan mereka.

Miris! Petugas Damkar Jakarta Timur yang Cabuli Anak Kandung Sendiri, Kini Resmi Ditahan

Hal ini termasuk perilaku seperti kontak fisik yang tidak diinginkan, komentar atau tindakan seksual yang tidak pantas, dan tindakan lain yang merugikan secara seksual. Meskipun pelecehan seksual dapat terjadi di mana saja, baik di rumah, di tempat kerja, di sekolah, atau di tempat umum, faktor-faktor tertentu dapat memicu terjadinya pelecehan seksual.

Lantas apa saja faktor pemicu terjadinya tindak kejahatan seksual? Baca sampai habis ya!

Kasus Kematian Anggota TNI Praka Supriyadi Memasuki Babak Baru, Polisi Cari Wanita Berinisial W

1. Budaya dan nilai sosial

Budaya dan nilai sosial yang meremehkan atau memandang rendah wanita dan nilai-nilai feminin, seperti kelembutan dan kepekaan, dapat menjadi faktor pemicu dalam terjadinya pelecehan seksual. Dalam budaya yang mempromosikan maskulinitas yang kasar dan kekerasan, tindakan pelecehan seksual dapat dianggap sebagai bentuk kejantanan atau kontrol atas perempuan.

5 Fakta Ledakan Gudang Amunisi TNI Kodam Jaya di Ciangsana, Kabupaten Bogor

2. Ketidaksetaraan gender dan kekuasaan

Ketidaksetaraan gender dan kekuasaan adalah faktor penting dalam terjadinya pelecehan seksual. Dalam situasi di mana individu atau kelompok memiliki kekuasaan atau kendali atas orang lain, pelecehan seksual dapat terjadi sebagai cara untuk mempertahankan atau meningkatkan kekuasaan tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title