Kenali Keluhan Seks, Ini Pengertian Dispareunia Penyebab Sakit Kelamin

ilustrasi seks gratis hadiah vaksin di Austria
Sumber :
  • istimewa

BANDUNG – Bagi Anda yang sering mengalami keluhan saat berhubungan seks, mungkin tips berikut ini bisa Anda simak untuk jadi pengetahuan.

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

Salah satu keluhan tersebut adalah dispareunia. Dispareunia adalah nyeri di area kelamin yang terjadi secara terus-menerus atau berulang ketika akan, sedang, atau setelah berhubungan seksual. Meski lebih banyak dialami wanita, pria juga dapat mengalami kondisi ini.

Umumnya, nyeri pada dispareunia akan terasa tajam, panas, atau seperti kram menstruasi. Selain di vagina, nyeri juga dapat dirasakan pada kandung kemih, saluran lubang kencing, perut bagian bawah, dan panggul.

Tren Baju Shimmer Lebaran 2024, Ini Tips Mudah Merawat Supaya Tidak Sobek

Selain berdampak secara fisik, dispareunia juga dapat memberikan dampak emosional dan psikologis. Penderita dispareunia mungkin akan merasakan tegang saat berhubungan seks. Hal ini akan mengakibatkan hilangnya keintiman antara penderita dan pasangannya.

Dispareunia atau painful intercourse sebaiknya ditangani dengan segera. Jika tidak, kondisi ini dapat mengganggu kualitas hubungan seksual penderitanya.

Cara Dapat Saldo DANA Gratis Jutaan Ribu, Tanpa Syarat Apapun!

Dilansir dari Alodokter.com pada Kamis, 2 Juni 2022, berikut ini penjelasan lengkap dispareunia

Penyebab Dispareunia

Dispareunia dapat disebabkan oleh faktor fisik atau faktor emosional. Penyebab faktor fisik terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu nyeri ketika penis masuk vagina dan nyeri ketika penis berada di dalam vagina.

Nyeri ketika penis masuk vagina

Nyeri saat penis memasuki vagina umumnya terjadi akibat kurangnya pelumasan pada vagina. Hal ini dapat terjadi akibat dari kurangnya pemanasan atau foreplay sebelum berhubungan seksual.

Beberapa faktor fisik lain yang dapat menyebabkan dispareunia jenis ini adalah:

Halaman Selanjutnya
img_title