Konten Viral di RSUD Wonosari: Ini Penjelasan Lengkap Kateter Urine

RSUD Wonosari buka suara terkait konten mahasiswi magang
Sumber :
  • Tangkap layar instagram @rsud_wonosari

BANDUNG – Setelah viral di media sosial akibat mahasiswi yang membuat konten tentang kateter urine di RSUD Wonosari, kini masyarakat dibuat penasaran dengan Kateter Urine.

Viral Film Vina Sebelum 7 Hari Full Movie, Begini Kronologi Lengkap Kematiannya

Lalu, apa sebebnarnya kateter urine? Bagaimana cara kerjanya? Siapa yang perlu menggunakan kateter urine?

Dilansir Hello Sehat, Jumat, 3 Juni 2022, kateter urine adalah alat bantu berupa selang tipis yang terbuat dari karet dan plastik. Gunanya adalah membantu pembuangan urine alias air kencing bagi pasien yang membutuhkan.

3 Langkah Cepat Dapat Saldo DANA Gratis hingga Rp500 Ribu, Buruan Sebelum Kehabisan!

Tidak hanya membantu membuat air kencing, kateter juga merupakan alat bantu yang digunakan dokter untuk melaksanakan prosedur operasi. Alat ini biasanya diperlukan saat seseorang yang sedang sakit sehingga tidak bisa kencing hingga tuntas (anyang-anyangan).

Jika kandung kemih tidak dikosongkan, air kencing akan menumpuk dalam ginjal dan menyebabkan kerusakan hingga gagalnya fungsi ginjal itu sendiri.

Viral! Video Pria Botak Ajak YouTuber Korea Ke Hotel, Ternyata Pejabat Bandara Kolaka

Sementara itu, kateter urine dibutuhkan untuk membantu pasien yang tidak dapat buang air sendiri, tidak bisa mengontrol kencing, memiliki masalah kandung kemih, dirawat inap untuk operasi, hingga sedang dibius atau dalam keadaan koma.

Kateter urine juga dibutuhkan oleh pasien yang sedang tidak boleh bergerak karena cedera atau mengalami retensi urin. Pada sebagian kasus, pasien penyakit ginjal yang pengeluaran urinnya perlu dipantau juga memerlukan kateter urin.

Halaman Selanjutnya
img_title