Wajib Tahu! Batas Waktu Sholat Subuh dan Hukum Bangun Kesiangan, Apakah Masih Diterima?

Ilustrasi Keistimewaan Solat Subuh
Sumber :
  • Viva Group

Viva Bandung – Batas waktu sholat subuh jadi salah satu informasi yang banyak dicari oleh umat Muslim, mengingat waktu sholat ini yang lebih terbatas dibanding sholat lima waktu lainnya.

Kapan Puasa Syawal Dilaksanakan? Begini Anjuran dan Keutamaannya

Dalam islam, sholat adalah salah satu kewajiban utama bagi setiap Muslim. Salah satu dari lima waktu sholat yang diwajibkan adalah sholat subuh. Lantas, kapan batas waktu sholat subuh yang tepat itu? Yuk simak penjelasan artikel berikut!

Batas Waktu Sholat Subuh

Bacaan Niat Zakat Fitrah Lengkap, Arab Latin dan Artinya

Batas waktu sholat Subuh dimulai dari terbitnya fajar (al-fajr al-sadiq) dan berakhir pada saat terbitnya matahari. Ini adalah periode ketika umat Islam diwajibkan untuk menjalankan sholat subuh. Mengetahui batas waktu ini adalah kewajiban bagi setiap Muslim, karena sholat subuh yang dilakukan di luar batas waktu yang telah ditentukan dianggap tidak sah.

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Sholat Subuh itu lebih baik dari dunia dan seisinya." Pesan ini menggarisbawahi pentingnya menjalankan sholat subuh dengan penuh kesadaran dan di waktu yang tepat.

Heboh! Pastor Eastwood Ajak Jemaatnya ke Masjid dan Teladani Umat Muslim Soal Ini

Ketepatan Waktu Sholat Subuh sebagai Bukti Ketaatan dan TantangannyaMenghormati batas waktu sholat subuh adalah bukti ketaatan kepada Allah SWT. Allah telah menentukan waktu-waktu sholat sebagai sarana untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada-Nya. Melakukan sholat di waktu yang ditentukan adalah bentuk penghormatan terhadap perintah-Nya.

Menjaga batas waktu salat subuh bisa menjadi tantangan, terutama dalam kondisi seperti di daerah dengan perubahan musim yang drastis. Dalam situasi seperti ini, umat Islam diberikan pedoman oleh ulama untuk menjaga waktu sholat dengan bijaksana, seperti mengikuti waktu sholat dari daerah dengan waktu fajar yang lebih teratur.

Halaman Selanjutnya
img_title