Terbaru! Ini Alternatif Aplikasi Pengolah Kata setelah Wordpad Dihapus Microsoft

Microsoft Office
Sumber :
  • Viva Group

Viva Bandung –  Wordpad dihapus Microsoft menjadi kabar buruk bagi para pengguna aplikasi pengolah kata gratisan. Melalui laman resminya, Microsoft memutuskan untuk mengubur Wordpad untuk selamanya sejak 1 September 2023 lalu. Dengan begitu, pada update Windows selanjutnya, aplikasi ini akan dihapus. 

Real Count KPU Capai 73%, Suara Prabowo-Gibran Semakin Meroket

Microsoft juga memberikan rekomendasi untuk segera menggunakan dan membiasakan diri dengan sejumlah aplikasi cloud-based. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah aplikasi cloud-based seperti Canva, Notion, Miro memang telah menjadi idola baru. Bahkan, Microsoft juga terus memaksimalkan salah satu aplikasi pengolah kata miliknya, One-Note.   

Meski begitu, beberapa pengguna mungkin tidak mau atau tidak bisa menggunakan aplikasi cloud-based karena sejumlah alasan mulai dari privasi, koneksi internet, hingga kompatibilitas. Selain itu, pengguna lain juga mungkin tidak mau mengeluarkan uang untuk membeli Microsoft Word atau Office 365, terutama jika mereka hanya membutuhkan fungsi dasar pengolah kata. Banyak pengguna yang memang sudah terbiasa dengan antarmuka dan fitur Wordpad. Bagaimanapun juga, persiapan untuk segera berpindah perlu dilakukan.

Inovasi Robot AI , Kulit Kayak Manusia Hingga Bisa Seks

Berikut sejumlah langkah penting untuk segera mencari alternatif aplikasi pengolah kata. 

1. Pengguna bisa mencoba mencari alternatif gratis untuk Wordpad yang tersedia di internet.

Keren Teknologi AI, Robot Seks Peka pada Perasaan Manusia

Beberapa contoh adalah LibreOffice Writer, AbiWord, Jarte, atau WPS Office Writer. Aplikasi-aplikasi ini memiliki fitur yang mirip atau bahkan lebih baik dari Wordpad, dan mendukung format file yang sama.  2.  Pengguna bisa mencoba mengunduh dan menyimpan versi Wordpad yang ada sekarang sebelum Windows 11 dirilis. Cari file bernama write.exe di folder C:\Windows\System32\ atau C:\Windows\SysWOW64\ (tergantung versi Windows Anda), dan salin ke lokasi lain. Namun, cara ini mungkin tidak berhasil jika Microsoft mengubah atau menghapus file lain yang dibutuhkan oleh Wordpad untuk berjalan. 3. Pengguna bisa mencoba menggunakan aplikasi bawaan Windows lainnya yang memiliki fungsi pengolah kata, seperti Notepad atau Paint.

Meskipun aplikasi ini sangat sederhana dan terbatas, mungkin cukup untuk kebutuhan menulis teks biasa tanpa format apapun. Langkah persiapan perlu segera dilakukan demi dapat terus memaksimalkan pengolahan kata di komputer.

Halaman Selanjutnya
img_title