5 Tips Mengatasi Insecure

Ilustrasi Pede public Speaking
Sumber :
  • Viva Group

Bandung –Media sosial merupakan sarana bagi orang-orang yang sering berbagi momen bahagia, sedih, hingga pencapaian yang didapat. Namun terlalu sering melihat kesuksesan yang didapat orang lain dapat memicu perasaan tidak aman atau disebut Insecure.

Buat kamu yang merasa Insecure terhadap apa yang dicapai orang lain, yuk Intip!

1. Penting untuk mengingatkan diri sendiri bahwa media sosial itu hanyalah kepalsuan belaka yang seringkali orang-orang hanya menampilkan sisi terbaik dari kehidupan seseorang yang cenderung hanya membagikan momen bahagia dan pencapaiannya, namun jarang membagikan kegagalan atau masalah pribadinya.

2. Fokuslah pada perkembangan diri sendiri dan janganlah mengalihkan pada pencapaian orang lain. Tetapkan pada tujuan pribadi yang baik dalam hal karier, pendidikan, atau hobi, dan berusahalah untuk terus berkembang dan nambah wawasan.

3. Batasi dalam hal bermedia sosial, karena jika terlalu terpaku pada media sosial dapat memperburuk pada perasaan tidak aman. Dan coba untuk mengatur waktu harian atau mingguan yang Anda habiskan di platform. Serta hindari membuka media sosial saat dalam emosi atau sedang dalam kondisi buruk.

4. Curahkan energi diri sendiri pada hal-hal positif. Seperti ikut bergabung dengan grup atau komunitas yang mendukung minat atau hobi. Karena hal ini dapat membantu merasa lebih termotivasi, serta merasa lebih baik.

5. Jangan ragu untuk berbicara dengan seseorang yang kamu percayai, entah tentang perasaan tidak aman yang kamu rasakan. Terkadang, berbicara dengan teman, anggota keluarga, atau orang yang kamu percaya dapat membantu untuk mengatasi perasaan tidak aman tersebut lebih baik.

Selain tips diatas, yang perlu kamu ingat jangan pernah membandingkan diri kamu sendiri, apalagi merasa Insecure dengan orang lain di media sosial, tetapi gunakan media sosial sebagai alat untuk memotivasi diri sendiri untuk terus bisa berkembang.

Tren Baju Shimmer Lebaran 2024, Ini Tips Mudah Merawat Supaya Tidak Sobek