Jangan Salah Paham, Ini Hubungan Sunah Rasul Dengan Malam Jumat

ilustrasi kulit wajah cantik saat lebaran
Sumber :
  • alodokter.com

BANDUNG – Banyak orang salah paham karena mengaitkan antara hubungan suami istri di malam Jumat dengan sebutan sunah Rasul. Sebenarnya, sunah Rasul yang berkenaan dengan keluarga atau hubungan suami istri bukan hanya terkait masalah seksual. Sebab, salah satu tujuan utama berumah tangga adalah memiliki keluarga sakinah.

Bolehkah Suami Istri Melakukan Hubungan Badan Saat Malam Takbiran?

Dilansir dari nu.or.id, pada Kamis, 23 Juni 2022, sebenarnya ada beberapa dalil yang mengarah antara hubungan suami istri di malam Jumat dengan sunah Rasul.

Abu Nashar Muhammad bin Abdurrahman Al-Hamadani mengutip riwayat yang menyebut pernikahan para nabi di hari Jumat.

Karena Memiliki Taring, Ustadz Khalid Basalamah Sarankan Umat Islam Tidak Pelihara Kucing

روى أنس بن مالك رضي الله عنه بالإسناد الذي ذكرناه في المجلس الأول قال سئل رسول الله صلى الله عليه وسلم عن يوم الجمعة فقال يوم صلة ونكاح قالوا كيف ذلك يا رسول الله قال لأن الأنبياء عليهم الصلاة والسلام كانوا ينكحون فيه

Artinya: “Sahabat Anas bin Malik RA meriwayatkan dengan sanad yang telah kami sebutkan di bab pertama, ia bercerita bahwa Rasulullah SAW ditanya perihal hari Jumat. Rasulullah menjawab: “(Jumat) adalah hari hubungan dan perkawinan”.

Kisah Nenek Usia 70 Tahun Rela Jadi PSK, Hanya Dibayar Rp4 Ribu

Sahabat bertanya: “Bagaimana demikian, ya Rasulullah?” Nabi Muhammad SAW menjawab: Para nabi dahulu menikah di hari ini,”.

Hari Jumat merupakan hari pernikahan beberapa rasul dan orang shaleh. Jumat merupakan hari perkawinan Nabi Adam AS dan Siti Hawa, Nabi Yusuf AS dan Zulaikha, Nabi Musa AS dan Shafura (Zipora) binti Nabi Syu’aib AS, Nabi Sulaiman AS dan Bilqis.

Halaman Selanjutnya
img_title