Semua Mahluk Pasti Binasa, Siapakah Yang Terkahir Mati di Hari Kiamat?

Ilustrasi malaikat maut di hari kiamat
Sumber :
  • istimewa

BANDUNG – Semua orang tahu, hari akhir di dunia adalah kiamat, pada hari kiamat pula semua mahluk di bumi akan mati, namun, tahukah anda, siapa dan mahluk apa yang terkahir mati?

Rangkuman Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dari Klub Serie A hingga Premier League

Dalam Alquran, Allah SWT telah menyebutkan bahwa, malaikat maut bertugas untuk mengambil nyawa setiap makhluk di bumi, selain itu juga terdapat beberapa riwayat hadist.

Ada beberapa hadits tentang ini dari para sahabat. Rasulullah pernah bertanya kepada malaikat maut siapa yang tersisa dari ciptaan-Nya, karena dia adalah yang paling berpengetahuan dari mereka yang tersisa, dan malaikat maut mengatakan kepadanya bahwa hanya dia yang tersisa. 

Semakin Mendunia, FIFA Kini Terang-terangan Puji Timnas Indonesia

Syekh Shalih al-Munjid dalam Maut al-Malaikat, menjelaskan nantinya Allah akan memerintahkan malaikat maut untuk mati paling akhir dari semua makhluk. Namun saat di alam kematian, malaikat maut nantinya tidak akan melalui cara yang sama seperti makhluk lainnya.

Oleh karena itu, orang terakhir yang meninggal setelah malaikat meniup sangkakala adalah Jibril, Israfil dan yang terakhir adalah malaikat maut, Izrail.

Kualat! Salwan Momika Alami Hal Buruk Setelah Bakar dan Injak Al-Quran

Malaikat sebagaimana disebutkan dalam banyak teks, ditakdirkan untuk mati. Karena semua ciptaan Allah SWT, termasuk manusia, jin, dan makhluk-makhluk lainnya akan mati. Hal ini dijelaskan dalam Alquran Surah az-Zumar ayat 68:

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ

Halaman Selanjutnya
img_title