Kembali Meletus, Begini Legenda Gunung Marapi Sumatera Barat

Gunung Semeru muntahkan awan panas
Sumber :
  • BNPB

VIVA Bandung - Baru-baru ini, Gunung yang terletak di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat, mengalami letusan yang sangat dahsyat pada Minggu, 3 Desember 2023.

Legenda Sepakbola Brasil Ricardo Kaka Diceraikan Sang Istri, Alasannya Karena Terlalu Sempurna

Tinggi kolom abu yang dikeluarkan oleh letusan tersebut mencapai batas awan, sehingga tinggi letusan tidak dapat tercatat di Pos Pengamat Gunung Api Marapi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mencatat bahwa 14 dari 16 kecamatan di daerah tersebut terkena dampak hujan abu dan serpihan batu setelah terjadi erupsi di Gunung Marapi.

Zhafirah Zahrim Korban Erupsi Marapi Meninggal Dunia, Warganet Soroti Hal Ini

Gunung Marapi merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif di wilayah Sumatera, dan kawasannya berada di wilayah administrasi Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar.

Dengan ketinggian mencapai 2.891 meter di atas permukaan laut, gunung ini dapat terlihat dari kota-kota seperti Bukittinggi, Kota Padang Panjang, dan Kabupaten Tanah Datar.

Luka Bakar Capai 41 Persen Diduga Jadi Penyebab Kematian Korban Marapi Zhafirah Zahrim

Meskipun memiliki keindahan alam yang mempesona, Gunung Marapi di Sumatera Barat juga menyimpan beberapa legenda yang telah beredar turun temurun selama ratusan tahun.

Berikut legenda yang masih melekat:

Halaman Selanjutnya
img_title