Mengenal Misteri Sesar Baribis Membentang Dibawah Jakarta

ilustrasi Sesar Baribis yang menjadi misteri
Sumber :
  • istimewa

BANDUNG – Dalam geologi, Sesar atau patahan adalah fraktur planar atau diskontinuitas dalam volume batuan, di mana telah ada perpindahan signifikan sebagai akibat dari gerakan massa batuan. Salah satu yang menjadi misteri adalah Sesar Baribis.

Heboh Pelanggan Pinjol Bunuh Diri, Mengenal Aplikasi AdaKami

Sesar-Sesar berukuran besar di kerak bumi merupakan hasil dari aksi gaya lempeng tektonik, dengan yang terbesar membentuk batas-batas antara lempeng, seperti zona subduksi atau sesar transform.

Energi yang dilepaskan menyebabkan gerakan yang cepat pada sesar aktif yang merupakan penyebab utama gempa bumi. Menurut ilmu geofisika, sesar terjadi ketika batuan mengalami tekanan dan suhu yang rendah sehingga sifatnya menjadi rapuh.

Mengenal Gejala Virus Nipah dan Bagaimana Mencegahnya

Mengenal Sesar Baribis

Dua buah sesar bersandingan nonvertikal biasa disebut hanging wall dan footwall. Berdasarkan definisi, Hanging wall terjadi di atas bidang sesar dan footwall terjadi di bawah bidang sesar.

Sinopsis Film Saranjana: Kota Gaib

Terminologi ini datang dari dunia pertambangan: ketika mereka sedang bekerja di tubuh mineral berbentuk tabular, penambang berdiri di atas footwall di bawah kakinya dan dengan hanging wall berada di atas mereka

Sesar Baribis adalah Sesar aktif yang membentang dari timur hingga barat pulau Jawa.

Halaman Selanjutnya
img_title