Umat Islam Debat Soal Tanda Awal Munculnya Imam Mahdi, Begini Pandangan Habib Umar

Habib Umar
Sumber :
  • Istimewa

Bandung – Umat Muslim meyakini bahwa Imam Mahdi adalah manusia pilihan. Dia berasal dari ahlul bait atau keluarga Nabi Muhammad SAW. 

Viral! Pendeta Ini Ajak Jemaat Berbuka Puasa, Netter: Hati-hati Pak!

Hal ini diketahui dalam hadis berikut: “Nabi Muhammad SAW bersabda: 'Al-Mahdi adalah salah satu dari cucu-cucuku, dari keturunan Fatimah (putri Nabi), dia akan muncul ketika orang-orang akan berselisih. Allah akan menyatukan mereka di bawah benderanya, dan dia akan memerintah dengan adil.'” (HR Bukhari).

Salah satu pemuka agama, Habib Umar bin Hafidz, pimpinan Pondok Pesantren Dar-al Musthafa di Yaman, mengungkapkan salah satu tanda kemunculannya. 

Nabi Muhammad Anjurkan Umat Islam Baca Al-Quran, Ini Keutamaannya di Bulan Ramadhan

Habib Umar menjawab keresahan umat Muslim yang masih berdebat tentang kapan Imam Mahdi akan muncul

Selama ini, gerhana matahari kerap terjadi pada tanggal 9 (awal bulan) atau 30 (akhir bulan) menurut penanggalan Hijriah, kata Habib Umar sebelum menyampaikan satu tanda kemunculan Imam Mahdi. 

Habib Umar Blak-blakan Ungkap Tanda Kemunculan Imam Mahdi, Gerhana Matahari di 15 Ramadhan

“Tidak pernah terjadi gerhana matahari kecuali tanggal 9 atau 30 bulan Hijriah, dan di masa yang akan datang, munculnya gerhana ini akan menyalahi kebiasaan,” ujar Habib Umar dilihat melalui ungahan video Instagram @cahaya_tarim, Kamis, 14 Maret 2024.

Menurut Habib Umar, fenomena pertama yang bisa diyakini sebagai tanda Imam Mahdi telah muncul adalah, gerhana matahari tersebut terjadi selain tanggal 9 dan 30 bulan Hijriah.

Halaman Selanjutnya
img_title