6 Tips Simpel Agar Belanja Online Anda Tidak "Zonk"
Bandung - Enam (6) tips simpel belanja online ini akan membantu Anda untuk mempermudah belanja online supaya tidak zonk.
Sebab, tak jarang banyak orang yang mengeluh belanjaan online mereka tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.
Mereka merasa tertipu dengan gambar bagus yang dipajang di sebagian toko online, namun tidak sesuai dengan realita.
Nah, dikutip dari berbagai sumber, berikut VIVA Bandung rangkum 6 tips belanja online agar tidak zonk:
1.Riset barang yang ingin dibeli
Sebelum Anda memutuskan untuk membeli suatu barang, pastikan Anda terlebih dahulu sudah mengetahui spesifikasinya, mencakup bahan, model dan sebagainya.
Alangkah lebih baiknya Anda membaca terlebih dahulu review dari pembeli di toko tersebut.
2.Perhatikan gambar produk
Perhatikan gambar produk secara egaliter dan teliti. Pastikan produk yang akan Anda beli sesuai dengan gambar yang tertera.
Hati-hati dengan gambar produk yang terlalu bagus namun tidak sesuai dengan apa yang dikirmkan.
3.Baca deskripsi barang dengan cermat
Baca deskripsi barang secara menyeluruh dan komprehensif. Dalam hal ini, Anda wajib teliti agar tidak terjadi misinformasi.
Pastikan Anda sudah mengetahui detail produk yang Anda beli seperti bahan, ukuran, warna dan lain sebagainya.
4.Perhatikan Ulasan Pembeli
Ulasan pembeli merupakan informasi atau penilai yang peling akurat hingga 90%.
Pastikan Anda membaca dengan seksama bagaimana penilaian pembeli lain tentang produk yang akan Anda beli.
Selain itu, rating toko juga harus menjadi acuan bagus atau tidaknya.
5.Cek Harga Produk
Coba sesekali bandingan harga produk yang akan Anda beli dengan harga di toko lain.
Awas, jangan tertipa dengan harga yang sangat murah dan tidak masuk akal, sebab bisa jadi produk itu palsu atau berkualitas rendah, karena biasanya harga akan menentukan kualitas.
6. Pilih Toko Online yang Dipercaya
Berbalanjalah di toko online yang sudah memiliki reputasi dan penilaian baik.
Pastikan juga toko tersebut sudah memiliki alamat yang jelas, informasi kontak yang lengkap, serta pengembalian kebiajakan yang jelas.