Ini Pengertian dann Sejarah Pembentukan ASEAN

Penjelasan sejarah singkat ASEAN
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG – ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) merupakan sebuah organisasi geopolitik dan Ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, dulu dikenal dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Perbara).

Fantastis! Gelombang Mudik 2024 Diprediksi Pecahkan Rekor dengan 193,6 Juta Pemudik

ASEAN yang didirikan di Bangkok, Thailand pada Tanggal 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Perbara yang diinisiasi oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya.

Mau Terbang Gratis Sepuasnya ke Negara ASEAN? Ada Tips Nikmati Promo Hotel & Liburan Impian Anda

Tak hanya itu, ASEAN bertujuan untuk memajukan perdamaian dan kestabilan di tingkat regional, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan cara yang damai.

ASEAN memiliki semboyan "One Vision, One Identity, One Community" yang artinya Satu Visi, Satu Identitas, Satu Komunitas.

Megawati Red Sparks Cetak Sejarah Baru, Pertama Kali Menuju Playoff Meski Gagal Final

ASEAN meliputi wilayah daratan seluas 4,46 juta km persegi atau setara dengan 3 persen total luas daratan di Bumi, dan memiliki populasi yang mendekati angka 600 juta orang atau setara dengan 8.8 persen total populasi dunia.

Luas wilayah laut ASEAN tiga kali lipat dari luas wilayah daratan. Pada tahun 2010, kombinasi nominal GDP ASEAN telah tumbuh hingga 1,8 triliun USD.

Halaman Selanjutnya
img_title