Brazil Tolak Penjualan iPhone 14, Ini Alasannya

Bocoran iPhone 14 Pro
Sumber :
  • macrumors.com

BANDUNG – Raksasa teknologi AS, Apple akan mengajukan banding terhadap pihak otoritas Brazil yang melarang penjualan iPhone, termasuk seri iPhone 14, tanpa pengisi daya atau charger di negara Amerika Selatan itu.

Cek Daftar Harga Pangan 15 Maret 2024: Semua Turun, Minyak Goreng Merakit

Kementerian Kehakiman dan Keamanan Publik Brazil pada Selasa 6 September 2022, memerintahkan Apple untuk membayar denda kepada negaranya sebesar 12,28 juta Real (sekitar USD$2,4 juta atau Rp34 miliar).

Kementerian Brasil juga memerintahkan Apple untuk segera menangguhkan penjualan iPhone 12 dan model lain yang lebih baru, melarang penjualan series iPhone apa pun yang tidak dilengkapi dengan pengisi daya disetiap pembeliannya.

Emas Naik Hari Ini 12 Maret 2024, Cek Harganya di Seluruh Dunia Disini

Dalam sebuah pernyataan, kementerian berpendapat bahwa iPhone tidak memiliki komponen penting dalam "praktik diskriminatif yang disengaja terhadap konsumen", melansir Gadget Now.

Apple telah "diperiksa" di Brazil sejak tahun lalu untuk komplain "penjualan produk yang tidak lengkap," "diskriminasi terhadap konsumen" dan "pengalihan tanggung jawab kepada pihak ketiga" dengan penjualan iPhone 12 dan versi yang lebih baru tanpa termasuk pengisi daya untuk stop kontak.

Intip Harga Emas Perhari Ini 12 Maret 2024: Antam Naik Drastis dan Tertinggi

Apple memang telah menanggapi permintaan denda dari lembaga negara Brazil sebelumnya, tetapi pihak Apple tidak mengambil tindakan apa pun untuk meminimalkan kerugian dan sampai sekarang terus menjual perangkat seluler tanpa pengisi daya.

Pihak berwenang Brazil mengatakan bahwa Apple menuduh bahwa keputusan untuk tak memuat pengisi daya dari penjualan iPhone 12 atau lebih baru karena "komitmen menyelamatkan lingkungan."

Halaman Selanjutnya
img_title