4 Cara Cek IMEI iPhone, Mudah dan Cepat

Seri iPhone 14
Sumber :
  • The Verge

BANDUNG – Cek IMEI iPhone perlu kamu pahami untuk mengetahui apakah iPhone kamu asli atau palsu. International Mobile Equipment Identity atau kerap disingkat IMEI merupakan nomor identitas yang dicantumkan pada tiap ponsel.

WhatsApp Akan Hilang di Perangkat Ponsel Android dan iOS

Pengertian dan Fungsi IMEI

IMEI adalah nomor identitas khusus yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah ponsel. Umumnya, nomor IMEI terdiri dari 14 digit dengan tambahan digit ke 15 yang digunakan untuk memverifikasi ulang seluruh digit sebelumnya. Angka ini digunakan untuk memeriksa berbagai informasi dari ponsel itu sendiri. Mulai dari asal ponsel tersebut dibuat, pabrikan, dan nomor model dari ponsel.

Daftar Ponsel yang Tak Bisa Buka WhatsApp Bulan Oktober 2023

Bisa dikatakan bahwa IMEI merupakan identitas resmi yang dimiliki oleh ponsel. Nomor ini juga digunakan oleh jaringan GSM untuk mengidentifikasi perangkat ponsel yang mencoba untuk tersambung dengan jaringan tersebut. IMEI tidak hanya bisa digunakan untuk mengidentifikasi perangkat seluler, tapi juga untuk memblokir ponsel yang hilang atau dicuri agar tidak bisa tersambung ke jaringan GSM manapun.

Di Indonesia, nomor IMEI juga digunakan untuk mencegah masyarakat menggunakan ponsel BM (black market) yang biasanya diimpor secara ilegal. Selain untuk mengidentifikasi perangkat mobile, fungsi IMEI juga bisa untuk mencegah pencurian. Jika ponsel bisa diidentifikasi, pencuri tak bisa memakai kartu SIM di perangkat.

iPhone 15 Sudah Rilis di Indonesia?

Hal ini karena nomor IMEI ponsel sudah terhubung dengan nomor telepon dari sebuah operator. Saat operator memblokir nomor IMEI ponsel yang dicuri, ponsel tak bisa dihubungkan dengan nomor lain. Dalam artikel ini, akan membahas bagaimana cara cek IMEI iPhone. Jika kamu belum mengetahui caranya, simak ulasan cara cek IMEI iPhone berikut ini ya.

Cara Cek IMEI iPhone

Halaman Selanjutnya
img_title