Ini 7 Obat Flu Alami yang Mudah Diracik di Rumah

Ilustrasi flu
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Obat flu alami umumnya sangat mudah didapatkan dan dibuat. Obat flu alami berasal dari buah-buahan tinggi vitamin dan dapat ditambahkan madu. Seperti halnya, jeruk yang tinggi vitamin C dapat dijadikan sebagai obat flu alami. Vitamin C memiliki sifat antioksidan dan bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh saat sedang flu.

Tutorial Dapat Saldo DANA Gratis Tanpa Aplikasi Penghasil Uang, Cuma di Sini

Beberapa buah dan sayur yang tinggi vitamin C antara lain stroberi, tomat, jeruk, bayam, lemon dan sayuran berdaun hijau lainnya. Flu atau influenza bisa membuat Anda susah bernapas lega, tenggorokan gatal, hidung meler atau tersumbat, bersin-bersin, hingga mata yang terus berair.

Meski memang bukan penyakit berbahaya, gejala flu yang tidak diobati bisa mengganggu aktivitas bahkan menimbukan komplikasi. Kabar baiknya, ada banyak pilihan obat flu alami serta cara pengobatan sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Gejala flu biasanya muncul 1–3 hari setelah terpapar virus flu. Gejala yang paling sering dialami penderitanya adalah pilek, hidung tersumbat, batuk, demam, sakit tenggorokan, dan bersin-bersin.

5 Aplikasi Penghasil Uang Terbaru 2024, Aman dan Mudah

Senyawa antosianin pada elderberry berkhasiat untuk memperkuat sistem imun dan mencegah seseorang mudah terinfeksi oleh virus flu. Selain digunakan sebagai obat flu alami, elderberry juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi gejala dari infeksi sinus. Tidak hanya dengan menggunakan obat-obatan alami di atas, Anda juga bisa mencoba tips-tips sederhana lainnya untuk meredakan gejala flu, seperti mandi air hangat, meninggikan bantal saat tidur dan banyak minum air putih.

1. Madu

Presiden Jokowi Tanda Tangani Aturan Baru Soal BPJS, Begini Isinya

Madu merupakan salah satu obat flu alami yang telah digunakan sejak dulu. Ini karena madu mampu menenangkan dan melegakan sakit tenggorokan, serta mengatasi batuk. Manfaat tersebut dapat diperoleh karena madu kaya akan antioksidan dan memiliki efek antibakteri.

2. Jahe

Halaman Selanjutnya
img_title