Ini 102 Daftar Obat Diduga Pemicu Gangguan Ginjal Akut

Ilustrasi obat sirup
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengonfirmasi bahwa kasus gangguan ginjal akut saat ini dialami oleh 241 anak di 22 provinsi di Indonesia. Berdasarkan penelusuran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan datang ke 156 rumah pasien, ditemukan 102 obat yang sempat dikonsumsi pasien gangguan ginjal akut tersebut.

5 Rahasia Menyusui Lancar, ASI Berlimpah Tanpa Panik untuk Ibu Muda Menyusui

"Nah obat-obat ini akan kita larang peresepannya, dan kita larang jual untuk sementara," ujar Menkes Budi dalam konferensi pers Kementerian Kesehatan RI, Jumat 21 Oktober 2022.

Menkes Budi mengonfirmasi bahwa sejumlah obat yang diperiksa tersebut terbukti mengandung bahan kimia berbahaya yaitu ethylene glycol (EG), diethylene glycol (DEG), dan ethylene glycol butyl ether (EGBE). Hal ini yang pada akhirnya diduga kuat menjadi penyebab gangguan ginjal akut pada anak.

Waspada! Obat Pelangsing yang Kerap Diendorse Artis, Ini Penjelasan Dokter

"Jumlahnya baru sementara juga, bisa berkurang kalau mereka bisa buktikan kadar zatnya (EG, DEG, EGBE) kurang, atau bertambah," tambah Menkes Budi.

Menkes menambahkan bahwa investigasi langsung ke kediaman pasien tersebut lantaran kasus terus bertambah dan kian melonjak. Dari 241 pasien, pihak Kemenkes sudah menyambangi 156 rumah pasien dan memeriksa sediaan obatnya. Hal ini merujuk dari kasus kematian Balita akibat senyawa kimia dalam obat sirup di Gambia. Senyawa kimia tersebut yaitu etilen glikol (EG) dan diethylene glycol (DEG)

Beckam Putra Gagal Masuk TIMNAS Indonesia, Alasannya Bikin Kaget

"Jadi obat-obat sirup ini supaya melarutnya bagus dia kasih pelarut tambahan polietelin glikol. Enggak beracun, tapi kalau membuatnya tidak baik ini jadi cemaran nah cemaran ini yang mengandung senyawa berbahaya seperti EG dan DEG," tambah Menkes Budi.

Sementara itu, BPOM dan sejumlah pihak terkait masih melakukan penelitian secara kualitatif dan kuantitatif terhadap obat-obatan ini. Berikut daftar obat yang diminum oleh anak sebelum mengalami gangguan ginjal akut:

Obat Sirup Anak:

Afibramol

Alerfed Syrup

Ambroxol Syr

Amoksisilin

Amoxan

Anacetine Syrup

Antasida Doen

Apialys syr

Baby cough

Camivita

Caviplex

Cefspan Syrup

Halaman Selanjutnya
img_title