Ini Dia Obat untuk Tangani Gagal Ginjal Akut

Ilustrasi obat
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap bahwa berdasarkan hasil diskusi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan pemerintah Gambia, diketahui bahwa obat Fomepizole digunakan untuk pasien gangguan ginjal akut.

Waspada! Obat Pelangsing yang Kerap Diendorse Artis, Ini Penjelasan Dokter

"Hasil diskusi dengan WHO dan Gambia, ditemukan obat Fomepizole," kata Menkes dalam press conference di Istana Bogor, Senin 24 Oktober 2022.

Lebih lanjut, diungkap Menkes, penggunaan Fomepizole ini cukup signifikan bagi para pasien. Ia menyebut bahwa dari 10 pasien yang diberikan obat ini 7 di antaranya menunjukkan perbaikan kondisi.

Beckam Putra Gagal Masuk TIMNAS Indonesia, Alasannya Bikin Kaget

"Kita cobakan ke pasien, 7 di antaranya membaik kondisinya. Biasanya pasien ginjalnya terganggu, tidak bisa air seni begitu diberi air seninya keluar sedikit demi sedikit, ada yang sudah mulai banyak, yang tadinya tidak sadar mulai sadar kembali," kata dia lebih lanjut.

Menkes menambahkan bahwa dari hasil tersebut, pemerintah meyimpulkan obat ini bisa digunakan untuk pengobatan pasien gangguan ginjal akut.

Hasil Playoff V-League, Megawati Red Sparks Gagal Kalahkan Ratu Voli Korea

"Kita bisa lihat dari 10 pasien yang diberikan obat ini 7 sudah pulih kembali, jadi kita simpulkan obat ini memberikan dampak positif," kata dia.

Melihat hasil yang positif pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan sendiri sudah menerima 20 vial obat ini dari Singapura. Pemerintah juga saat ini akan menunggu 16 vial lagi dari Australia yang dijadwalkan tiba pada malam hari ini atau besok pagi, Selasa 24 Oktober 2022.

Halaman Selanjutnya
img_title