53 Persen Pasien Gagal Ginjal Akut Tak Dapat Buang Air Kecil

Ilustrasi kaki bayi
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat gejala khas pada gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) mencakup oliguria (buang air kecil sedikit) dan anuria (tidak dapat buang air kecil).

5 Rahasia Menyusui Lancar, ASI Berlimpah Tanpa Panik untuk Ibu Muda Menyusui

Dari laporan yang ada pada pasien, ditemukan 53 persennya tidak dapat buang air kecil sama sekali selama.

"Sama sekali tak buang air kecil dia anuria. Ini berarti stadium tiga, stadium berat. Dari data yang ada itu, 143 pasien atau 53 persen dia anuria, betul-betul tak keluar air kecil," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. M. Syahril, dalam konferensi pers Kemenkes, Kamis 27 Oktober 2022.

Waspada! Obat Pelangsing yang Kerap Diendorse Artis, Ini Penjelasan Dokter

Lebih dalam, Syahril mengungkapkan bahwa sebanyak 58 pasien lainnya atau 22 persen anak gangguan ginjal akut mengalami oliguria.

Selebihnya, 25 persen pasien tidak sampai mengalami gejala anuria dan oliguria, namun dengan gejala lain seperti batuk, pilek, dan demam.

Beckam Putra Gagal Masuk TIMNAS Indonesia, Alasannya Bikin Kaget

Gejala khas ini banyak atau sudah dimulai dengan gejala awal. Ada demam, nafsu makan turun, tidak bergairah anaknya, mual-mual, diare dan gangguan saluran penapasan," tambahnya.

Syahril mengimbau agar masyarakat lebih waspada, terutama bagi orang tua yang memiliki anak balita, untuk memantau gejala khas tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title