Waspada Banjir Rob saat Gerhana Bulan Darah

Ilustrasi gerhana bulan
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Pekan depan akan ada fenomena Gerhana Bulan Total, tepatnya pada Selasa, 8 November 2022. Puncak Gerhana Bulan Total terjadi mulai pukul 18.00 WIB/19.00 WITA/20.00 WIT. 

Begini Penampakan Ammar Zoni saat Bulan Ramadhan di Penjara

Menurut Profesor Riset Astronomi-Astrofisika, Pusat Riset Antariksa Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin, Purnama Merah Darah akan terbit di Jakarta dan kawasan barat Indonesia pada saat magrib.

"Fase gerhana mulai pukul 16:09 WIB sampai 19:49 WIB. Gerhana total mulai pukul 17:16:39 sampai 18:41:37 WIB. Artinya, di kawasan barat Indonesia saat terbit, Purnama sudah dalam kondisi Gerhana Bulan Total yang warnanya merah darah. Media sering menyebutnya sebagai Blood Moon," tulisnya di sebuah postingan Instagram, dikutip pada Sabtu, 5 November 2022.

Buya Yahya Ungkap Tanda-tanda Orang yang dapat Malam Lailatul Qadar

Adapun dampak fenomena ini secara umum sama dengan Bulan Purnama atau Bulan Baru, terkait dengan pasang maksimum di pantai. Namun riset yang dilakukan Thomas menunjukkan bahwa potensi banjir rob tidak secara langsung terkait dengan Purnama atau Bulan Baru.

Faktor utama yang berpengaruh adalah konfigurasi Bumi-Bulan-Matahari. Kombinasi faktor Purnama (termasuk Gerhana Bulan), deklinasi Bulan, perigee (jarak terdekat Bulan ke Bumi) serta deklinasi Matahari mempengaruhi peristiwa banjir rob. 

Begini Ciri-ciri Orang yang Mendapat Malam Lailatul Qadar, Buya Yahya Beri Pandangan

"Terkait fenomena Gerhana Bulan Total, potensi banjir rob di pantai utara (pantura) Jawa Timur sekitar tanggal 7 November. Sedangkan di sekitar pantura Jawa bagian barat dan tengah sekitar 12 November 2022," jelasnya.

Gerhana Bulan Total adalah fenomena astrnomis ketika seluruh permukaan Bulan memasuki bayangan inti (umbra) Bumi, Ini disebabkan adanya konfigurasi antara Bulan, Bumi dan Matahari yang membentuk sebuah garis lurus.

Halaman Selanjutnya
img_title